Windows 10 “Sun Valley” Bakal Rombak Tampilan

JENDELATEKNOLOGI.COM – Setelah beberapa waktu lalu Panos Panay menduduki jabatan Chief Product Officer Microsoft, akhirnya mulai kembali menggalakkan pengembangan Windows.

Windows 10 kembali menjadi fokus utama Microsoft setelah pandemi COVID-19 mengakibatkan naiknya penggunaan PC saat ini.

Seperti yang kita ketahui, tampilan dari Windows 10 saat ini kurang konsisten. Ada banyak elemen antarmuka pengguna yang masih bergaya jadul, dan ada yang sudah mengikuti Fluent Design (Bahasa Desain Microsoft) yang juga tidak konsisten.

Diperparah lagi, tampilan macOS Big Sur yang serba baru mulai dipuja oleh banyak orang. Tampilan dengan sudut serba melengkung yang macOS bawakan berbanding terbalik dengan tampilan Windows 10. Hal ini yang nampaknya Microsoft akan mengubahnya pada masa mendatang.

Versi Baru

Pembaruan Windows 10 yang akan meluncur pada pertengahan tahun ini memiliki kode nama 21H1, yang hanya memberikan tambahan fitur kecil dan perbaikan lainnya. Jadi tidak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya.

Namun kabar baiknya, Windows 10 akan segera memperbarui semua inkonsistensi tampilannya dalam pembaruan dengan kode nama “Sun Valley”

Mengutip dariĀ BleepingComputer, dalam sebuah postingan lamaran pekerjaan internal, Microsoft ingin Windows “kembali ke kejayaannya”.

Nantinya WIndows akan menggunakan WinUI, sebuah lapisan antarmuka pengguna yang memuat elemen desain baru dari Fluent Design.

Windows 10 Sun Valley - WinUI

Dengan komponen baru ini, Microsoft rencananya akan kembali menggunakan desain jendela aplikasi layaknya Windows 7 yang memiliki sudut melengkung. Selain itu, animasi yang ada akan lebih konsisten di semua tipe aplikasi.

Ini akan memungkinkan Microsoft untuk memperbarui tampilan aplikasi Win32 seperti File Explorer agar lebih modern dan konsisten.

Baca Juga:

Uji Coba Desain Baru

Microsoft sendiri mengonfirmasi dalam GitHub mereka bahwa mereka sedang mengeksplorasi desain baru untuk beberapa komponen aplikasi.

Microsoft mengungkapkan bahwa mereka ingin menciptakan pengalaman pengguna yang serupa seperti platform lain namun tetap familiar di Windows.

Windows 10 Sun Valley - Desain Baru
Komponen yang akan didesain ulang diantaranya seperti tombol switch dan rating
Windows 10 Sun Valley - Desain Baru
Beberapa komponen lain yang akan didesain ulang

Kemungkinan Windows 10 “Sun Valley” akan kita jumpai versi RTM (Release to Manufacture) pada bulan Juni 2021, namun pembaruannya tidak akan meluncur hingga bulan Oktober tahun ini.

Pembaruan ini nantinya juga akan kita jumpai pada Windows 10X, versi Windows 10 versi modular yang lebih ringan dan khusus untuk pesaing Chromebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *