Trik Memperpanjang Usia Laptop

Trik Memperpanjang Usia Laptop – Punya laptop tapi terasa lambat? Berikut ini beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kinerja laptopmu. Trik ini sudah saya coba dan memang terbukti bisa meningkatkan kinerja laptop.

Mungkin beberapa dari kalian berfikir bahwa laptop lemot karena faktor usia. Sebenarnya, laptop lemot atau terasa lamban ini karena ada aplikasi yang terlalu banyak dan tidak pernah terpakai dalam waktu yang lama. Beberapa komponen laptop juga bisa di upgrade guna meningkatkan performa dari laptop tersebut.

Tips & Trik Memperpanjang Usia Laptop

Trik Memperpanjang Usia Laptop
  1. Tips yang pertama, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan yang ada. Sobat Teknologi bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Caranya sangat mudah, untuk pengguna Windows anda hanya perlu klik logo Windows lalu ketik ‘Add or Remove Programs’. Setelah itu, seluruh daftar aplikasi akan keluar. Kamu bisa pilih aplikasi yang tidak terpakai lalu klik uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut. Untuk pengguna Mac, kamu hanya perlu download aplikasi Clean My Mac untuk lebih mudahnya.
  2. Selain menghapus aplikasi yang tidak terpakai, kamu juga bisa mengganti tempat penyimpanan pada laptop milikmu. Jika laptopmu masih menggunakan Hard Disk Drive (HDD), kamu bisa menggantinya dengan menggunakan Solid State Drive (SSD). Harga pasaran SSD bisa terbilang murah tergantung dengan ruang penyimpanan yang tersedia. Jangan khawatir dengan HDD yang sudah tergantikan dengan SSD. Kamu masih bisa menggunakan HDD tersebut untuk tempat penyimpanan tambahan.
  3. Tips yang ketiga, yaitu menambah RAM (Random Access Memory). Tips ini bisa kamu lakukan pada beberapa laptop saja (tidak semua laptop bisa tambah RAM-nya). Contohnya seperti laptop keluaran terbaru atau ultrabook ini memiliki RAM yang sudah terintegrasi dengan motherboard, sehingga tidak bisa untuk ditambah. Catatan penting saat ingin menambah RAM, pastikan kamu tau betul jenis RAM yang akan kamu gunakan pada laptopmu. Tidak semua jenis RAM sama dan compatible dengan laptop yang kamu miliki saat ini. Ada baiknya untuk mengecek langsung spesifikasi laptopmu dari website resmi milik vendor.

Itulah beberapa tips yang bisa meningkatkan kinerja dari laptop yang kamu miliki saat ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *