Trik Mempercepat PS4 Biar Tidak Lemot

Trik Mempercepat PS4 – Seiring berjalannya waktu, performa konsol game PlayStation 4 (PS4) tentu saja akan menurun. Salah satu penyebabnya adalah ketika pengguna memasang game terlalu banyak pada perangkat PS4 yang mengakibatkan penyimpanan penuh.

Meskipun demikian, kamu bisa mengantisipasinya dengan melakukan pemeliharaan sistem (maintenance) dengan melalaui proses yang disebut rebuild database. Sesuai namanya, proses ini akan memperbaiki database sistem dari PS4 serta menghapus file sampah dan file corrupt yang tidak terpakai lagi. Sehingga, database sistem akan tertata rapi dan HDD bisa membaca aneka file dan game tanpa hambatan lagi. Proses ini diklaim tidak menghapus file penting, seperti game, save file dan konten media lainnya didalam PS4.

Namun, jika kamu ragu untuk melakukan cara tersebut, kamu bisa melakukan pencadangan (backup) terlebih dahulu ke HDD eksternal. Untuk melakukan backup kamu bisa mengunjungi menu “Settings” > “System” > dan “Back Up and Restore”

Lalu, bagaimana trik untuk mempercepat PS4 melalui proses rebuild database tadi?

Trik Mempercepat PS4 Menggunakan Cara Rebuild Database

Langkah yang pertama, pastikan PS4 dalam keadaan mati. Kemudian, tekan dan tahan tombol power pada PS4 sampai mengeluarkan bunyi “beep” sebanyak dua kali. Beberapa saat kemudian, PS4 milikmu akan nyala dan langsung tampil ke halaman Safe Mode.

Tampilan Safe Mode PS4
Tampilan Safe Mode PS4

Pada tampilan ini, silahkan colok controller Dualshock PS4 milikmu dengan kabel USB yang terhubung ke PS4 milikmu. Apabila sudah terhubung, silahkan tekan tombol PS pada controller.

Setelah itu, kamu akan melihat beberapa menu yang bisa kamu pilih pada sistem PS4. Mulai dari menu “Restart PS4” hingga menu “Initialize PS4 (Reinstall System Software)”. Pada cara ini silahkan pilih menu “Rebuild Database” dan tekan tombol “X” pada controller lalu pilih “OK”.

Rebuild Database PS4
Tampilan Menu Safe Mode

Setelah itu, PS4 milikmu akan restart secara otomatis dan akan menjalankan proses Rebuild Database pada saat PS4 nyala kembali. Tunggu proses ini hingga selesai. Untuk durasi proses ini tergantung dari kamu sering melakukan install game dan seberapa penuh HDD PS4 milikmu. Setelah proses selesai, kamu akan melihat halaman utama atau desktop dari PS4 milikmu.

Nah, untuk menjaga performa PS4 milikmu, ada baiknya untuk melakukan cara ini secara rutin, misalnya sekali atau dua kali dalam sebulan. Sebab, hal tersebut dapat memotong durasi proses rebuild database selanjutnya dan membuat kamu bisa membuka game lebih cepat dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *