Tips

Tips Membeli Laptop untuk Online Meeting

JENDELATEKNOLOGI.COM – Meningkatnya kebutuhan untuk mengadakan kegiatan secara daring membuat banyak orang mencari perangkat untuk mengakses hal tersebut. Salah satu perangkat yang menjadi pilihan adalah laptop. Saat ini, aplikasi online meeting banyak digunakan untuk rapat, kuliah, webinar, sampai pertemuan dengan teman-teman.

Sebelum membeli laptop untuk online meeting, kita perlu memastikan laptop yang kita beli cocok untuk aplikasi tersebut. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini tips untuk Anda yang ingin membeli laptop untuk Online Meeting.

Tips Membeli Laptop

Tentukan Budget Laptop yang Menjadi Incaran

Sebelum ke tips-tips berikutnya, ada baiknya kalau kita menentukan dulu harga laptop yang ingin kita beli. Tentu saja kita tidak ingin menguras kantong terlalu dalam, kan? Selain itu, menentukan budget juga berguna jika kita ingin menanyakan saran atau rekomendasi laptop ke teman atau di Internet.

Mereka akan lebih mudah memberi masukan apabila kita sudah mengatakan budgetnya. Tenang saja, laptop yang cocok untuk online meeting tersedia di hampir semua range harga, kok! Tips-tips berikutnya bisa menjadi panduan untuk memilih laptop yang cocok.

Baca Juga:

Perluas Pilihan dengan Laptop Bekas

Selain membeli dalam kondisi baru, kita juga bisa memperluas pilihan dengan melirik laptop-laptop bekas yang kondisinya masih bagus. Jika kita tidak memiliki budget yang tinggi atau tidak harus menjalankan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi laptop terbaru, laptop jadul adalah pilihan yang cocok.

Laptop-laptop kantoran bertipe premium adalah tipe yang direkomendasikan, karena perawatannya bagus dan kualitasnya tinggi, sehingga lebih awet.

Supaya lebih yakin dan aman, belilah dari penjual yang memiliki stok laptop yang banyak dan minta garansi tukar unit untuk berjaga-jaga jika mendapatkan laptop yang bermasalah. Selain itu, kita juga bisa melakukan upgrade supaya laptop bekasnya tetap bisa bersaing dengan keluaran terbaru, lho!

Pilih layar anti-glare

Laptop dengan layar anti-glare sangat cocok untuk online meeting dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena layar tipe ini mengurangi pemantulan cahaya dengan lebih baik.

Ini membuat mata kita lebih nyaman saat menggunakan laptop, terutama jika bekerja di bawah lampu atau jendela yang terang, karena kita terhindar dari silau dan layar terlihat lebih jelas.

Ada dua teknologi yang umum digunakan sebagai layar laptop, yaitu TN dan IPS. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Apapun tipenya, usahakan pilih layar anti-glare ya!

Pilih Laptop yang Terpasang Webcam HD

Salah satu komponen yang penting dalam online meeting adalah kamera, sehingga laptop yang sudah terpasang webcam yang bagus akan sangat memudahkan kita. Kita jadi tidak perlu membeli dan memasang kamera tambahan lagi.

Resolusi yang dianjurkan untuk online meeting adalah 720p HD. Hal ini bertujuan supaya rekan kita juga bisa melihat tampilan kita dengan baik. Selain itu, tentu saja kita butuh koneksi internet yang bagus agar bisa mengirimkan video beresolusi tinggi dengan lancar.

Fitur Koneksi Internet Harus Bagus

Koneksi internet yang dimaksud di sini adalah kualitas adapter internet laptop kita. Pastikan laptop yang kita beli penerimaan sinyalnya baik. Biasanya, kartu WiFi dengan antena tunggal (1×1) tidak menerima sinyal dengan kuat sehingga kita perlu memeriksa apakah itu akan menimbulkan masalah di tempat kerja kita atau tidak.

Selain itu, lebih bagus lagi jika laptop kita memiliki port LAN, sehingga kita bisa menyambungkan laptop dengan koneksi kabel. Hal ini kembali kepada kebutuhan kita masing-masing, ya!

Daya Tahan Baterai

Dalam kondisi tertentu, laptop dengan daya tahan baterai yang bagus juga sangat membantu walaupun untuk digunakan di rumah sekalipun. Misalnya ketika kita harus mengikuti online meeting ketika mati lampu.

Tentu saja hal ini juga akan berguna bila nanti kita mengikuti online meeting di tempat yang mungkin tidak menyediakan tempat charging. Jadi, nggak ada ruginya untuk memilih laptop yang baterainya tahan lama!

Spesifikasi Procesor dan Memory yang Memadai

Salah satu aplikasi online meeting yaitu Zoom menyarankan penggunanya untuk memakai komputer dengan prosesor dual-core 2GHz dan memori RAM sebesar 4GB. Tentunya tidak masalah jika lebih, misalnya menggunakan quad-core atau RAM 8GB.

Spesifikasi yang handal akan membantu kita menjalankan aplikasi lainnya yang membutuhkan performa lebih tinggi atau menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Akan tetapi, sebelum memilih spesifikasi, usahakan fitur-fitur pada tips sebelumnya terdapat pada laptop yang ingin kamu beli, ya!

Demikianlah tips membeli laptop untuk online meeting. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita bisa mendapatkan laptop yang paling cocok, ya!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih