Snapdragon 888 Dapat Dukungan Update 4 Tahun

JENDELATEKNOLOGI.COM – Saat ini, ponsel Pixel dan perangkat Samsung teratas mendapatkan tiga tahun peningkatan perangkat lunak utama (Android). Bekerja dengan Qualcomm, Google sekarang memungkinkan perangkat Android untuk mendapatkan 4 versi OS dan pembaruan keamanan selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2017, Google merancang ulang Android menjadi lebih modular. Hal ini memungkinkan pembaruan menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk diterapkan. Dengan Project Treble, OEM dapat memperbarui kerangka kerja OS tanpa harus mengubah implementasi vendor (khusus perangkat, perangkat lunak tingkat rendah).

Meskipun bermanfaat bagi produsen perangkat, pendekatan ini “memperkenalkan kerumitan tambahan” untuk pembuat chip:

Untuk setiap model SoC, produsen SoC sekarang perlu membuat beberapa kombinasi implementasi vendor untuk mendukung OEM yang akan menggunakan chipset tersebut untuk meluncurkan perangkat baru dan menerapkan peningkatan OS pada perangkat yang diluncurkan sebelumnya.

Hasilnya adalah tiga tahun setelah peluncuran chipset. Vendor SoC harus mendukung hingga 6 kombinasi perangkat lunak kerangka kerja OS dan implementasi vendor.

Perubahan Skema Update Android

Perpanjang Update Android
Timeline dukungan perangkat lunak sebelumnya untuk penyedia SoC dengan banyak chip

Solusi baru Google membuat para pembuat chip dapat “mendukung Android dengan implementasi vendor yang sama pada SoC mereka untuk peluncuran perangkat serta peningkatan versi”. Ini mengurangi upaya untuk menghadirkan rilis Android terbaru ke chip yang lebih lama.

Selama setahun terakhir, Google – mengutip “kolaborasi mendalam” – bekerja dengan pembuat chip Android teratas sehingga “semua platform seluler Qualcomm baru yang memanfaatkan prinsip no-retroaktivitas untuk SoC akan mendukung 4 versi OS Android dan pembaruan keamanan 4 tahun . ” Perpanjangan dukungan ini berawal dari Snapdragon 888, yang akan mendukung flagships tahun depan.

Baca Juga:

Hanya untuk memperjelas, ini akan mendapat total 4 pembaruan yaitu dari tahun pertama Android itu rilis pada perangkat dan mendapat update selama 3 tahun setelah merilis perangkat itu. Akan ada satu tahun tambahan pembaruan keamanan pada versi utama yang mendukung. Misalnya, jika ponsel Pixel generasi ke-2 Google dari tahun 2017 termasuk dalam skema baru ini, ponsel tersebut akan mendapatkan patch keamanan Android 11 selama satu tahun lagi (tetapi tidak mendapatkan Android 12).

Oleh karena itu, OEM dapat meningkatkan perangkat ke OS terbaru tanpa mengubah “perangkat lunak khusus chipset”.

Snapdragon 888
Timeline dukungan android baru

Perubahan ini berlaku untuk semua SoC yang menggunakan Android 11 dan lebih baru. Saat ini, tidak ada produsen perangkat yang berkomitmen untuk memperluas dukungan ini. Selain memindahkan kelas atas (Google, Samsung, dan bahkan Microsoft) ke empat tahun [lagi, meluncurkan versi + 3 rilis utama dan satu tahun hanya tambahan keamanan], ini diharapkan akan membuat semua OEM lain bekerja lebih baik daripada dua tahun.

Project Treble

Berbicara tentang Treble, Google hari ini membagikan bahwa ada 667 juta pengguna aktif menggunakan Android 10, dengan 82% dari mereka (yaitu pada perangkat yang ada) mendapatkan rilis 2019 melalui pembaruan OTA ketika Android 11 meluncur pada bulan September. Ke depannya, Google memuji “momentum berkelanjutan di antara mitra kami untuk meluncurkan perangkat mereka di Android 11 atau menawarkan Android 11 OTA di perangkat mereka lebih awal.”

Snapdragon 888

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *