Pengertian Website Beserta Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Website – Semakin berkembangnya internet di wilayah Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website. Website adalah apa yang kamu kunjungi setiap hari di internet.

Dari GoogleFacebookTwitterTokopediaBukalapak, hingga Jendela Teknologi. Ketika kamu membuka layanan-layanan tersebut pada perangkat desktop atau mobile, yang kamu buka adalah website. Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian website beserta sejarah, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Pengertian Website

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website. Sebagai contoh, untuk alamat website Jendela Teknologi adalah https://www.jendelateknologi.com, jika kamu mengakses maka akan tampil home page seperti gambar berikut.

Website Jendela Teknologi

Sejarah Website

Website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti pada tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Jika kamu ingin mengetahui seperti apa tampilannya, silakan akses tautan berikut http://info.cern.ch/. Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Individu, organisasi, atau perusahaan dapat memiliki sebuah website. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Unsur-Unsur Website

Terdapat 3 unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website kamu tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur ini adalah:

  1. Domain. Ibarat sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya kembali berkunjung.
  2. Hosting. Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang perlu untuk membentuk suatu website.
  3. Konten. Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.
Pengertian Website

Baca Juga:

Jenis Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang terdapat pada website hanya berupa tulisan.

Saat ini berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja.

Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar.

Untuk yang gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namalayanan.com/usernameanda atau www.namawebsite.blogspot.com.

Alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan untuk Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya video dan banyak gambar.

Biasanya, penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas.

Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing pada mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

Sehingga Anda dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www.namaanda.com.

Website Toko Online

Tahukah Anda toko online Indonesia yang paling populer saat ini?

Tentu Anda sudah memiliki jawabannya.

Apakah Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini?

Jika benar, dengan menggunakan sebuah tool yang tepat Anda bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Anda sudah dapat terakses melalui internet.

Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Untuk contoh blog adalah apa yang saat ini Anda sedang baca, yaitu blog Niagahoster.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan web hosting, internet marketing dan hal lainnya.

Terbitan artikel pada setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang penulis buat dan jumlah penulisnya.

Manfaat Website

Website memiliki banyak manfaat pada kehidupan kita. Anda bisa mengakses media sosial menggunakan website. Belanja online juga terjadi pada website. Ketika Anda membutuhkan informasi penting, Anda juga bisa mengaksesnya melalui website.

Manfaat website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website. Berikut adalah beberapa manfaat website yang penting untuk Anda ketahui:

Bangun Personal Branding

Dimulai dari manfaat website untuk pribadi, yaitu website untuk personal branding. Dengan website Anda bisa membangun personal branding yang kuat dan terpercaya.

Anda bisa membagikan hasil karya dan portfolio Anda di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda bisa membangun personal branding yang profesional menggunakan website.

Berbagi Cerita dan Informasi

Sudah pernah baca cerita dari Raditya Dika? Atau Mungkin Anda pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka berdua adalah contoh blogger yang sukses bermodalkan cerita melalui website.

Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

Menghasilkan Uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Anda bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan komisi jika Anda yang membeli melalui website Anda.

Cara lain untuk menghasilkan uang melalui website adalah dengan membuat toko online. Anda bisa menjual berbagai produk atau jasa di website toko online Anda.

Kini Membuat Website Semakin Mudah!

Membuat website tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda tidak perlu menjadi developer atau programmer untuk bisa membuat website. Kini Anda bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali?

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan WordPress. WordPress adalah platform pembuatan website yang memungkinkan Anda membuat website dalam hitungan menit saja.

Dengan WordPress Anda bisa membuat website berkualitas tinggi tanpa harus berurusan dengan coding. Cukup menginstall WordPress, membeli web hosting, pilih tema kesukaan Anda, install plugin penting, dan website sudah jadi.

Website Adalah Kunci Sukses Online Anda!

Seperti yang sudah disebutkan di atas, website memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk kepentingan pribadi atau bisnis. Anda bisa membuat website pribadi atau blog untuk membagikan cerita atau portfolio Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online, website adalah platform yang paling tepat. Anda bisa membuat website untuk menjual produk atau jasa secara online.

Intinya, apa pun yang ingin Anda raih secara online, website adalah solusinya. Jadi tunggu apa lagi? Mulai kesuksesan online Anda dengan membuat website!

Begitulah pengertian website beserta jenis dan manfaatnya. Jika masih ada yang bingung silahkan tanya melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *