Pengertian Server dan Client, Serta Perbedaannya

Pengertian Server dan Client, Serta Perbedaannya – Pada dunia internet ada banyak hal yang belum kita tahu, karena banyak sekali fitur dan program baru yang dapat kita akses setiap harinya.

Web yang kita akses setiap harinya sangatlah banyak dan beragam jenisnya. Jenis web juga sangat banyak dan terhubung dengan server yang memberikan kita akses untuk memasukinya. Pada server terdapat juga client yang menjadi bagian dari server web. Untuk lebih memahami pengertian server dan client dengan perbedaanya, Jendela Teknologi akan membahasnya secara lengkap untuk kamu.

Pengertian Server dan Client dengan Perbedaanya

Pengertian Server

Server merupakan sebuah sistem yang ada pada komputer dengan berbagai macam layanan tertentu dan client dapat mengaksesnya pada jaringan komputer. Server memiliki sebuah sistem operasi khusus yang dapat mengontrol dan memantau segala hak akses demi menjaga sumber daya yang ada pada server.

Tidak semua prosesor dapat berfungsi pada server, hanya prosesor yang memiliki scalable yang bisa berfungsi pada server. Server ini sendiri juga memiliki RAM yang berkapasitas besar. Tidak hanya itu, server juga memiliki sistem operasi khusus dengan nama sistem operasi jaringan komputer.

Server juga dapat menjalankan perangkat lunak administrative yang berfungsi untuk mengontrol akses pada jaringan komputer dan sumber daya yang ada pada server. Sumber daya tersebut dapat berupa berkas-berkas atau alat pencetak.

Pengertian Client

Client merupakan sebuah komputer yang berada dalam jaringan komputer dan dapat menggunakan berbagai sumber daya yang ada pada server. Dengan demikian, client merupakan pemakai jasa layanan server. Dengan prinsip dari client dan server dapat menjadi sebuah sistem atau aplikasi pada suatu jaringan komputer dan saling terhubung.

Perbedaan Server dan Client

Dari penjelasan diatas mengenai server dan client, tentu saja ada perbedaanya. Apa saja perbedaan dari kedua istilah tersebut? Mari simak penjelasannya berikut.

Server

Server dapat menyediakan segala macam layanan sesuai permintaan dari client. Permintaan dari client seperti web server yang dapat mengirimkan sebuah halaman web, mail server yang dapat pula mengirimkan e-mail.

Client

Client ada hubungannya dengan server yang pada umumnya meminta suatu layanan dari server tersebut. Contoh client pada web dapat di implementasikan ke dalam bentuk browser seperti pada e-mail dengan bentuk mail reader.

Model Server Client

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *