Pengertian Firewall, Fungsi, dan Keunggulannya

Pengertian Firewall, Fungsi, dan Keunggulannya – Pada zaman digital seperti ini, semua orang dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Tidak seperti pada zaman dulu, yang harus susah payah mencari sinyal walaupun hanya untuk menelpon saja.

Internet tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Apalagi dalam mengakses internet yang sangat mudah dan cepat serta teknologi yang canggih dan dapat mendukung aktivitas ini. Tetapi, harus bijak dalam menggunakan internet karena ada sisi positif dan negatifnya.

Agar terhindar dari sisi negatif, maka perlu adanya tembok atau benteng yang berguna untuk melindungi komputer kita dari serangan virus atau malware. Tujuannya agar komputer dan perangkat milikmu bisa terlindungi dari ancaman yang berbahaya. Tembok atau benteng inilah yang biasa kita kenal dengan sebutan firewall.

Pengertian Firewall

Firewall atau tembok api adalah pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berfungsi melindungi dari ancaman atau konten berbahaya dari perangkat lain. Apalagi jika ada pihak lain yang sering menggunakan internet setiap saat, maka firewall akan otomatis memblokirnya. Penerapan firewall bisa pada software, hardware dan berbagai macam sistem lainnya.

Fungsi dari Firewall

Ilustrasi Ruang Server

Tidak hanya untuk melindungi dari serangan atau ancaman saja, masih banyak fungsi dari firewall ini yang mungkin kami belum tau. Pada artikel ini Jendela Teknologi akan memberikan informasi tentang itu. Mari simak lebih lanjut.

  1. Fungsi Firewall pada Komputer
    Selain sebagai pelindung, firewall pada komputer dapat berfungsi sebagai pengawas dan pengontrol arus paket data yang mengalir pada jaringan komputer. Selain itu, firewall juga dapat memodifikasi paket data yang datang sehingga dapat menyembunyikan atau menyamarkan IP address.
  2. Firewall Berfungsi sebagai Pusat Keamanan Jaringan
    Firewall juga dapat berfungsi sebagai pusat keamanan jaringan yang bertugas memeriksa, menyaring, membatasi dan menolak seluruh aktifitas pada komputer dan bekerja secara otomatis sesuai kriteria IP address komputer sumber.
  3. Mencatat Seluruh Aktivitas Pengguna Komputer
    Firewall dengan sangat cepat mencatat semua yang terjadi pada komputer sebagai dokumentasi. Dokumentasi ini yang nantinya akan digunakan sebagai pengembangan sistem jaringan dan untuk autentikasi terhadap akses ke jaringan komputer.
  4. Mencegah Kebocoran Informasi
    Fungsi yang keempat adalah mencegah dari kebocoran informasi. Firewall berfungsi supaya pengguna dapat mengirim file yang bersifat rahasia, berharga kepada pihak lain.

Bagaimana sobat teknologi, sudah tau kan apa itu firewall dan fungsinya. Selanjutkan kita akan membahas cara kerja dari firewall ini. Tentu saja biar lengkap penjelasannya dan sobat teknologi benar-benar tau fungsi utama dari firewall ini.

Cara Kerja Firewall

Cara Kerja Firewall

Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk mengamankan data yang ada pada komputer milikmu. Kamu bisa menggunakan salah satu atau bisa semua cara berikut.

  1. Packet Filtering (Pemfilteran paket data) atau stateless
    Pada proses ini, firewall akan melihat boleh atau tidaknya suatu paket data untuk memasuki sebuah komputer. Paket data tersebut akan diperiksa secara mandiri atau isolasi. Apabila paket dianggap aman, maka akan langsung diteruskan ke dalam sistem yang diminta, jika sebaliknya maka paket akan ditolak.
  2. Proxy Service
    Aplikasi ini bertugas sebagai penghubung antar jaringan. Aplikasi ini berfungsi untuk memeriksa pertukaran paket data sehingga akan jauh lebih aman saat diakses.
  3. Stateful Inspection
    Pada sistem ini akan menelusuri paket yang diminta pada akses sebelumnya. Selanjutnya akan melakukan pengecekan database packet. Apabila tidak menunjukan resiko bahaya, maka paket data itu akan diteruskan ke sistem tujuan, begitu pula sebaliknya, jika menunjukan resiko bahaya maka akan ditolak. Setelah selesai melakukan pemeriksaan paket data, maka akan merespon salah satu dari tiga cara berikut. Pertama, accept atau terima yang artinya kamu memberikan akses atau izin paket data itu untuk memasuki sistem tujuannya. Kedua, reject atau menolak dengan membalasnya disertai tampilan ‘’unreachable error’’. Terakhir, drop atau melewati yang artinya menolak trafik tanpa mengirimkan pesan.

Manfaat Firewall pada Sistem Jaringan Komputer

Manfaat Firewall

Tentu saja firewall membawa banyak manfaat, contohnya menjaga informasi yang bersifat rahasia dan berharga milik pengguna komputer dan melindunginya dari perangkat lain yang menyelinap begitu saja. Adapun manfaat lainnya seperti:

  1. Dapat memodifikasi paket data yang masuk atau keluar.
  2. Dapat berfungsi sebagai akurasi data seperti informasi keuangan, harga produk, spesifikasi produk dan lain sebagainya.
  3. Untuk mengatur dua jaringan yang berbeda atau lebih.
  4. Dapat mencegah akses yang tidak sah ke dalam jaringan pribadi. Sistem ini dapat berfungsi pada software atau hardware, ataupun bisa kombinasi dengan keduanya.
  5. Dapat melindungi komputer dari berbagai macam serangan yang berbahaya dan dapat merusak komputer.

Keunggulan Firewall pada Sistem Jaringan Komputer

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja dan manfaat dari firewall, selanjutnya kamu juga wajib tau apa saja keunggulan dari firewall ini. Berikut adalah keunggulan dari firewall:

  1. Performa yang tinggi, karena ada pengecekan dari banyak faktor.
  2. Dapat berfungsi pada sistem jaringan apapun, baik itu memakai router ataupun switch dan tanpa adanya perangkat tambahan.
  3. Lebih efektif, efisien dan praktis.
  4. Dapat mendeteksi ancaman dari situs atau program berbahaya.
  5. Menjaga pengguna agar tidak mengarah pada situs yang berbahaya.
  6. Dapat memblokir situs yang berbahaya. Selain dapat melindungi, firewall juga dapat memblokir situs-situs tertentu yang bisa membahayakan komputer milikmu.
  7. Dapat memberikan peringatan jika kamu mendownload aplikasi dari situs yang tidak aman.
  8. Mengatasi pembajakan atau exploitasi pada komputer milikmu.
  9. Sangat berguna untuk membuat koneksi pada tempat umum.
  10. Sangat aman untuk komputer. Komputer dan perangkat lainnya akan terlindungi jika menggunakan firewall.

Nahh, bagaimana sobat teknologi, lengkapkan penjelasannya. Mulai dari pengertian, hingga keunggulan dari firewall ini. Semoga penjelasan pada artikel ini bisa menambah ilmu kalian terutama pada bidang teknologi ya sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *