Pengetahuan

Pengertian dan Jenis Malware Ransomware

Bagi sebagian orang, internet menjadi dunia kedua dalam hidupnya. Tetapi internet jauh dari kata “yakin”. Kami sering menemukan banyak konten porno, obat-obatan dan tindakan cybercrime lainnya yang tersebar di Internet. Pada kesempatan ini, saya akan fokus pada diskusi tentang makna dan tipe malware ransomware.

Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang bertujuan untuk meminta tebusan bagi korban. Ransomware, sesuai dengan namanya, tebusan = tebusan (dalam bahasa Inggris), jenis perangkat lunak berbahaya ini bertujuan untuk memeras korban yang komputernya terinfeksi oleh ransomware dengan meminta sejumlah uang sebagai tebusan.

Bagi mereka yang sering menjelajahi Internet, itu akan sering bertemu dengan perangkat lunak berbahaya ransomware. Karena umumnya, perangkat lunak berbahaya ini muncul ketika kami mengunduh file atau mengunjungi situs web tertentu. Selain itu, tautan situs web kurang aman untuk dikunjungi.

Jenis – Jenis Ransomware

Malware Ransomware

Secara umum, ada dua jenis ransomware, yaitu sebagai berikut:

Ransomware Locker (non-enkripsi)

Ransomware Locker menginfeksi korban dengan menutup akses (kunci) dalam sumber daya komputer yang ada. Setelah layar terkunci, penulis akan membutuhkan tebusan bagi korban sehingga hak akses korban dapat diberikan.

Baca Juga:

Crypto Ransomware (Enkripsi)

Crypto Ransomware adalah tipe yang paling banyak di gunakan oleh cybercriminals. Jenis Ransomware ini akan mengenkripsi file-file penting dari komputer, maka penulis akan meminta tebusan untuk mendapatkan kunci deskripsi.

Selain dua jenis ransomware di atas, masih ada jenis ransomware di Internet. Lockscreen Ransomware adalah jenis lain dari perangkat lunak berbahaya yang menginfeksi komputer korban.

Lockscreen Ransomware mengunci komputer korban sehingga Anda tidak dapat melakukan aktivitas apa pun di komputer. Sampai korban membayar tebusan yang diinginkan oleh penulis.

Tidak jarang penulis akan memainkan sisi psikologis korban. Misalnya, menampilkan pemberitahuan di layar, yang mengklaim sebagai pihak berwenang yang melakukan tugas. Dan korban dianggap sebagai pesta Culpabine. Karenan ketakutan dan tertekan pada ancaman itu, korban akan mengikuti perintah sesuai dengan penulis yang dicari.

Tentu saja, ini adalah perhatian khusus bagi kita semua. Bahwa kita harus berselancar di internet. Jangan tertipu oleh perangkat lunak berbahaya seperti ini.

Begitu banyak diskusi tentang pemahaman dan jenis malware ransomware, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih