Pengetahuan

Pengertian CRM Secara Lengkap

Pengertian CRM – Apakah anda pernah terpikirkan untuk menjaga hubungan dengan customer atau pelanggan Anda? Lalu bagaimana caranya Anda untuk menjaga hubungan baik terhadap pelanggan Anda agar customer tersebut senantiasa melakukan pembelian produk-produk yang Anda tawarkan selalu.

Karena proses tersebut termasuk dalam strategi bisnis untuk mendatangkan penjualan juga. Hal tersebut yang dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Apakah itu Relationship Management? Bagaimana proses customer relationship management tersebut bekerja? Semuanya itu akan kita bahas secara mendatail pada artikel ini.

Customer relationship (CRM) menjadi sebuah trend pada perusahaan saat ini dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, agar terjadi kelangsungan penjualan yang terus meningkat.

Dalam pemasaran pun Anda tidak ada salahnya harus paham dengan Langkah dalam menentukan segmentasi pasar untuk bisnis Anda.

Pengertian Customer Relationship Management (CRM)

Pengertian CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang menggabungkan proses manusia dengan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonversinya menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.

Untuk dapat mempertahankan konsumen yang sudah loyal, tentunya masing perusahaan memliki strategi pemasaran tersendiri yang mana membutuhkan marketing communication dari sisi bahasa pemasarannya.

Untuk tetap bertahan dan berkembang dalam Bisnis selain meluncurkan produk-produk baru, lebih memperhatikan produk pesaing, menjual produk lebih banyak dari pesaing, perusahaan juga harus melakukan strategi manajemen hubungan dengan konsumen.

CRM penting di lakukan oleh perusahaan dewasa ini, karena berkurangnya loyalitas konsumen terhadap suatu produk di banding masa lalu.

Prinsip Dasar CRM

Prinsip CRM terletak pada kemauan bisnis untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan tanpa menambah beban biaya dan waktu. CRM merupakan suatu solusi yang relevan dalam penerapan investasi teknologi informasi di masa kini.

Dengan membuat Key Performance Indicator (KPI) dalam sebuah perusahaan dalam menangani pelanggannya, niscaya CRM tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Jika perusahaan tidak dapat memahami siapa pelanggan, dan apa yang mereka butuhkan, maka tidak dapat mempertahankan mereka sebagai pelanggan yang setia. Jika perusahaan tidak mampu mempertahankan pelanggan, maka tidak dapat bertahan dan memenangkan persaingan bisnis.

CRM : Tujuan dalam Bisnis

Jika dipandang dari segi pemanfaatannya dalam berbisnis, CRM sendiri memiliki tujuan yaitu meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan serta mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus-menerus agar mendapat keuntungan. CRM juga mengombinasikan antara proses, kebijakan, dan strategi yang seharusnya diterapkan kepada  perusahaan.

Untuk menarik pelanggan baru, CRM menggunakan metode teknologi informasi sehingga banyak diantara mereka yang tertarik pada sistem tersebut. Itulah sebabnya aplikasi CRM sangat dibutuhkan oleh suatu peruahaan untuk perkembangan bisnisnya ke arah yang lebih baik.

Selain itu, tujuan CRM untuk bisnis adalah meningkatkan hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Menyediakan berbagai macam informasi lengkap, yang memaksimalkan hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Meningkatkan keuntungan dengan cara mengidentifikasi, mempertahankan serta menambah pelanggan tanpa mengurangi satupun. Yang kemudian dapat memberikan suatu nilai tambah bagi perusahaan terkait. Informasi yang terintegrasi dapat dimanfaatkan untuk memuaskan pelanggan sehingga kebutuhan para pelanggan dapat terpenuhi dan menghemat waktu tunggu.

Manfaat CRM bagi Pebisnis

Pengertian CRM - Strategi CRM

Dalam kegiatan operasional perusahaan, CRM dapat meningkatkan efisiensi operasional internal perusahaan. CRM mampu membuat perusahaan kembali mendesain proses kegiatan operasionalnya agar lebih efisien seperti marketing dan pendukung pelanggan, efisiensi bagian front office, dan produktivitas tenaga penjual yang dapat menurunkan biaya yang berhubungan dengan pelanggan. Namun lebih detail lagi, berikut ini adalah manfaat dari CRM, seperti:

1. Merangsang Kesetiaan Pelanggan

Melalui aplikasi CRM yang tersedia di pasaran dapat memungkinkan beberapa bisnis untuk menggunakan info dari seluruh titik kontak dengan pelanggan baik melalui website, call center maupun marketing team dan pelayanan yang ada di lapangan.

Lewat konsistensi dan kemudahan menjangkau dan mendapatkan informasi memungkinkan penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan menggunakan berbagai informasi penting terhadap pelanggan tersebut.

2. Mengefisiensikan Biaya

Lewat Aplikasi CRM juga memungkinkan Anda untuk melakukan proses Budget Management dengan baik, serta penjualan dan pelayanan yang lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.

3. Kegiatan Operasional Semakin Efisien

Mengatur cashflow dan mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan berkat otomasi proses layanan dan penjualan yang disediakan oleh aplikasi CRM. Contohnya pemakaian teknologi call center serta web dapat mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang bisa saja muncul.

4. Time to Market Meningkat

Berkat aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar. Dan tidak lupa sebaiknya menerapkan sistem branding dalam bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan.

5. Pendapatan meningkat

Informasi yang didapat dari aplikasi CRM dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan. Misalnya perusahaan dapat melakukan penjualan secara global melalui website tanpa perlu melakukan upaya khusus untuk mendukung kegiatan pelayanan serta penjualan tersebut.

Baca Juga:

Tata Cara Penggunaan CRM

Penggunaan CRM membantu perusahaan dalam membuat produk baru yang di dasarkan pada pengetahuan mengenai dinamika yang ada di pasar, keinginan pelanggan, dan pesaing lain. Hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Menjaga kesetiaan pelanggan yang telah ada dan tetap menarik pelanggan baru.
  • Respon cepat ke pelanggan.
  • Melihat lalu mendapatkan peluang.
  • Menawarkan produk lain yang sekiranya di butuhkan pelanggan berdasarkan pembelian yang dilakukan (cross selling).
  • Penawaran status yang lebih tinggi ke pelanggan melalui upgrading, misal silver card versus gold card.
  • Otomasi proses untuk peningkatan efisiensi.
  • Mencegah penipuan dengan identifikasi kebiasaan para pelanggan.
  • Penyimpanan data pelanggan dalam satu sistem tertentu untuk mengurangi resiko operasional.

Tahapan Prosedur CRM

Tahapan yang di lakukan oleh CRM di antaranya yaitu:

1. Acquire (mendapatkan pelanggan baru)

Memberikan kenyamanan saat membeli suatu kebutuhan, seperti membeli berbagai macam produk yang kemudian di berikan pelayanan dengan cepat, tepat dan penggiriman sesuai keinginan pelanggan.

Tawaran promosi dari perusahaan akan memberikan kesan awal yang baik untuk pelanggan, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap  penilaian suatu perusahaan.

Tujuan dari acquire yaitu sebagai sarana promosi dan penawaran produk yang memuaskan pelanggan pada pelayanannya. Ada baiknya Anda harus mengetahui konsep pemasaran yang efektif supaya dapat berhasil dengan tepat dalam memasrkan produk Anda.

2. Enchance (menambah nilai pelanggan)

Sebuah perusahaan akan berlomba-lomba untuk menciptakan hubungan erat dengan para pelanggan dengan cara mendengarkan setiap keluhan kesah pelanggan serta meningkatkan pelayanan yang di butuhkan.

3. Retain atau mempertahankan pelanggan

Dengan pelayanan yang baik serta aplikasi penduking yang bermanfaat tidak menutup kemungkinan bahwa para pelanggan akan betah di perusahaan anda.

Selalu luangkan waktu untuk melayani kebutuhan pelanggan misalnya melakukan pelayanan terhadap pelanggan yang merasa tidak puas akan produk yang di tawarkan.

Sehingga akan ada kesan baik untuk peningkatan perusahaan tersebut karena mendengarkan berbagai saran dan masukan dari para pelanggan. Karena pentingnya arti sebuah customer dan cara penanganannya dapat mempertahankan pelanggan atau customer itu sendiri.

Dengan menggunakan teknik-tenik di dalam CRM semoga dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis yang sedang Anda jalani. Karena di dalam berbisnis peningkatan penjualan tidak semata-mata menjadi prioritas saja, namun kenyamanan berbelanja dan loyalitas sebuah pelanggan penting juga dalam berbisnis.

Dengan semakin loyal dan nyamannya customer maka semakin seringnya mereka berbelanja produk Anda dan penjualan pun semakin meningkat. Jika sudah meningkat, maka Anda semestinya menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang realtime dan fleksibel digunakan dimana saja, guna menunjang pergerakan Anda dan bisnis Anda yang dinamis.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih