Oppo A52 Review: Harga dan Spesifikasi

Oppo A52 Review – Oppo terus membangun portofolio di segmen smartphone murah di bawah seri A. Pembuat smartphone Cina telah meluncurkan smartphone A52 ke pasar India dengan harga Rs 19.990 atau sekitar 4 jutaan. Ponsel ini hanya memiliki satu varian RAM dan penyimpanan: 6GB + 128GB dan hadir dengan MRP Rs 19.990 atau sekitar 4 jutaan. Oppo A52 hadir dalam dua pilihan warna: Twilight Black dan Stream White. Berikut ini ulasan mengenai Oppo A52.

Review Oppo A52

Oppo A52: Desain

Ringan dan rapi dari segala tampilan mencolok, Oppo A52 dapat dengan mudah masuk ke dalam saku Anda. Dimensi ponsel ini adalah 162mm x 75.5mm x 8.9mm (H x W x D). Ponsel ini memiliki berat sekitar 192 gram.

Oppo A52 adalah ponsel tampan dengan lapisan seperti cermin yang ada pada bagian belakang. Desainnya kokoh dan ponsel dapat bertahan jika terjatuh dari meja. Tepi ponsel memiliki lapisan matte sedangkan bagian belakangnya mengkilap. Badan ponsel memiliki sebuah fingerprint.

Pengaturan quad-camera pada bagian belakang menonjol keluar dari bodi ponsel sekitar 1cm dan memiliki lapisan metalik yang ada pada sekelilingnya yang melengkapi varian warna perangkat. Ponsel tidak bisa tergeletak rata sempurna pada atas meja karena pengaturan kamera belakang.

Bagian Belakang Oppo A52

Pada bagian depan terdapat kamera 16MP pada posisi kiri atas yang ekstrim sementara lubang suara yang sempit terletak pada tengah atas persimpangan layar dengan bagian belakang smartphone.

Tepi kiri ponsel menampung slot kartu SIM ganda dengan slot kartu microSD khusus dan tombol volume. Tepi kanan ponsel membawa tombol daya yang berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari.

Pada tepi atas ponsel tidak memiliki tombol atau ventilasi apa pun, sedangkan tepi bawah menampung jack headphone 3,5 mm, jack mikrofon, port pengisian daya USB Type-C, dan tiga ventilasi mini berbentuk kapsul untuk speaker.

Baca Juga:

Oppo A52: Display

Oppo A52 hadir dengan layar notchless. Kamera depan telah berpindah ke kiri atas layar sementara lubang suara terletak tepat pada luar layar. Selain itu, ada bezel yang sangat sempit pada ketiga sisi layar kecuali sisi bawah. Hal ini membuat pengalaman menonton layar penuh saat menonton konten video pada perangkat tersebut.

Depan Oppo A52

Kecerahan ponsel optimal di bawah sinar matahari yang cerah saat didongkrak hingga penuh. Fitur Kecerahan Otomatis juga berfungsi dengan baik. Sedangkan untuk sudut pandang, layar mengeluarkan semburat kekuningan muda jika dilihat dari sudut tumpul yang besar. Jika tidak, tidak ada perubahan warna layar.

Oppo A52: Performa

UI ponsel dapat kita atur sesuai empat gaya: Default, Gaya Material, Kerikil, dan Kustom dengan ikon Art +. Gaya Material mirip dengan gaya Default, perbedaan utamanya adalah karena lebih ringkas, jika memungkinkan menyertakan ikon aplikasi dalam kotak sempurna yang tidak demikian dengan gaya Default.

Ponsel ini hadir dengan opsi keamanan seperti sensor sidik jari dan face unlock. Kedua fitur ini bekerja dengan cepat dan dapat membuka kunci ponsel dalam waktu 2 detik. Ada juga fitur kompensasi kecerahan untuk membuka kunci ponsel pada lingkungan yang redup.

Oppo A52 ditenagai oleh chipset Snapdragon 665 SoC dan Adreno 610 GPU, yang digabungkan untuk memberikan kinerja yang mulus. Ponsel ini menjalankan ColorOS 7.1 berbasis Android 10. Aplikasi membutuhkan waktu sekitar 2 detik untuk membuka, antara lain seperti Amazon kadang-kadang dapat memakan waktu sekitar 2-3 detik. Secara keseluruhan, sebagian besar navigasi aplikasi sangat lancar. UI dibundel dengan bloatware yang dapat dicopot pemasangannya.

Bermain game adalah pengalaman yang cukup menyenangkan dengan Oppo A52, bahkan pada pengaturan grafis tinggi dalam game seperti Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile. Game intensif GPU berjalan dengan lancar dalam perangkat pada pengaturan sedang. Dengan pengaturan tinggi, mungkin ada kejadian layar berhenti selama satu atau dua detik tetapi tidak ada jeda sama sekali. Ponsel sedikit memanas setelah dimainkan selama sekitar 30 menit sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat memegangnya.

Oppo A52: Baterai

Oppo A52 memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 5000mAh yang membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam hingga penuh. Dengan beberapa penggunaan media (bermain game selama sekitar satu jam, menonton video selama 1-2 jam, memeriksa dan menanggapi umpan media sosial, dll.) Setiap hari, ponsel dapat menyala selama satu setengah hari dengan mudah. Pada penggunaan ringan, baterai bisa bertahan sekitar dua hari.

Oppo A52: Kamera

Pengaturan quad-camera sebagian besar mengambil gambar yang jelas pada siang hari sambil mempertahankan warna alami dan jepretan orang / objek dalam jarak 10 meter dari lensa kamera tertangkap dengan rapi secara detail. Tetapi objek yang berjarak lebih dari 10 meter dari lensa ditangkap dengan ketajaman dan detail yang kurang. Dedaunan tanaman pada kejauhan tampak buram dalam sekejap.

Ponsel ini melakukan tugas selfie dengan baik pada sebagian besar waktu dan hasilnya tajam dan jernih tanpa mencerahkan warna kulit. Dalam beberapa jepretan, tepi wajah tidak ditangkap dengan baik dan foto kurang tajam. Mode bokeh bekerja dengan baik dengan keburaman latar belakang yang halus.

Jepretan malam tidak bagus; ada bintik pada seluruh foto yang menangkap objek dari kejauhan; Pada dinding bangunan, terlihat perpaduan berbagai warna (warna yang sebenarnya tidak ada pada cat tembok). Gambar objek / orang pada jarak sekitar 5 meter dari kamera menyimpan kamera AI yang digembar-gemborkan pada ponsel dan memiliki butiran yang sangat sedikit dibandingkan dengan yang di luar tetapi kinerja kamera secara keseluruhan di malam hari bisa lebih baik.

Kesimpulan

Oppo A52 mendapat skor tinggi dalam desain dan penampilan. Baterai dapat bertahan rata-rata selama satu setengah hari dan dengan mudah selama satu hari untuk penggunaan yang berat. Fitur keamanan berfungsi dengan cepat dan UI memudahkan navigasi. Performa gaming pada Snapdragon 665 juga lebih baik. Namun, performa kamera beragam, dengan cakupan peningkatan dalam bidikan malam hari. Ponsel memiliki peluang bagus untuk bertahan pada ruang yang sudah penuh sesak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: