Mi TV Stick, Cara Mudah Ubah TV Jadul jadi Smart TV

Mi TV Stick – Mungkin kalian masih memiliki TV plasma atau LCD dengan gambar berkualitas tinggi. Tetapi tv milikmu belum masuk ke dalam kategori TV pintar atau smart TV. Ada juga yang berpikiran ingin menggantinya dengan smart TV tetapi merasa sayang karena kualitas gambarnya masih sangat baik. Apalagi bagi kalian yang memiliki TV plasma Pioneer Elite Kuro.

Sepertinya dilema tersebut akan segera sirna dengan bantuan alat ini yang beberapa waktu lalu secara resmi meluncur di Indonesia. Intinya, perangkat baru dari Xiaomi ini dapat mengubah TV biasa menjadi smart TV asalkan TV tersebut memiliki port HDMI.

Review Mi TV Stick

TV Biasa Bisa Jadi Smart TV?

Seperti namanya, MI TV Stick memiliki ukuran yang cukup kecil dan memanjang. Menurut saya, ini lebih mirip flashdisk tetapi dengan bodi agak lebih besar. Berbicara seputar ukuran, perangkat ini hanya memiliki panjang 92,4 mm. Alat ini menggunakan port HDMI untuk menghubungkan dengan TV milikmu. Alat ini mirip dengan pemutar media seperti Blu-ray namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Jika Blu-ray player menampilkan film yang ada pada kepingan Blu-ray, maka Mi TV Stick menampilkan sistem operasi Android TV pada TV kamu. Itulah sebabnya, perangkat dari Xiaomi ini bisa kita bilang dapat mengubah TV biasa menjadi TV pintar atau smart TV.

Baca Juga:

Pada paket penjualannya, Mi TV Stick hadir bersama dengan remote control, adaptor daya, kabel ekstensi HDMI, dan kabel USB yang berperan juga sebagai kabel daya. Tentu saja adaptor daya berguna untuk memberi daya pada alat ini yang dapat kita hubungkan menggunakan kabel USB. Kabel ini kita hubungkan ke Mi TV lewat port Micro USB yang ada pada sisinya. Sedangkan kabel ekstensi HDMI berguna untuk memanjangkan colokan USB jika kamu tidak dapat menghubungkan Mi Stick TV langsung.

Mi TV Stick

Remote control yang hadir bersama Mi TV Stick sangat mirip dengan remote control Mi TV pada umumnya. Bentuknya sangat minimalis dan hanya ada beberapa tombol. Ohh ya, remote control ini hanya menggunakan konektivitas Bluetooth. Sebagai pembanding, remote control pada Mi TV menggunakan konektivitas Bluetooth dan inframerah.

Kabel USB yang menghubungkan antara adaptor daya dan Mi TV Stick cukup panjang sehingga kamu tidak perlu khawatir jika alat ini akan tidak sengaja tercabut dari port HDMI pada belakang TV. Jadi intinya, instalasi Mi TV Stick pada TV sangat mudah. Setelah menghubungkan Mi TV Stcik ke adaptor daya, kamu hanya tinggal menghubungkan perangkat tersebut ke port HDMI pada TV milikmu.

Pengoperasian

Setelah melakukan instalasi, bukalah Source terkait pada port HDMI pada TV milikmu. Contoh, jika kamu menghubungkan ke port HDMI 1, maka Source pada TV yang harus kamu pilih adalah HDMI 1 juga. Awal-awal diaktifkan, perangkat ini akan meminta kamu untuk melakukan pairing remote control dengan Mi Stick TV. Cara melakukan pairing sangat mudah, cukup tekan tombol Home (gambar lingkaran) dan tombol aplikasi (gambar kotak-kotak kecil) secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah proses pairing remote control selesai, akan ada tampilan layaknya smart TV Android yang mengharuskan kita melewati beberapa langkah untuk proses otentifikasi.

Tampilan menu utama pada alat ini sangat mirip dengan sistem operasi Android TV kebanyakan. Versi Android yang ada pada alat ini adalah 9.0. Tidak ada fungsi Android TV yang berkurang, semuanya dapat kamu akses layaknya smart TV pada TV konvensional. Aplikasi bawaan ketika perangkat ini sudah aktif adalah YouTube, Netflix dan, Prime Video.

Kamu juga dapat mengunduh beragam aplikasi lainnya seperti Disney+ Hotstar pada Google Play Store. Tentu saja, karena dapat mengunduh aplikasi secara online, Mi TV Stick sudah terintegrasi dengan konektivitas Wi-Fi. Cara menghubungkan Wi-Fi pada perangkat ini juga sama persis seperti smart TV Android kebanyakan.

Fitur yang khas pada smart TV Android, Google Assistant, juga tersedia pada alat ini. Kamu dapat mengakses asisten digital dari remote control-nya dengan menekan tombol dengan ikon khusus. Selama mencobanya, saya merasa bahwa mikrofon pada remote control Mi TV Stick cukup sensitif saat menangkap suara saya untuk melakukan berbagai perintah.

Tetapi sayangnya ada beberapa kali respons Google Assisten yang kurang cepat. Misalnya, setelah saya menekan tombol Google Assistant, terkadang alat ini memerlukan beberapa detik untuk siap mendengarkan perintah. Selain itu, saya merasa terkadang respons akses volume agak tidak lancar. Alat ini juga mengusung resolusi hingga Full HD atau 1920 x 1080 piksel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *