Google Workspace, Pengganti G Suite

Google Workspace – Penyimpanan Google Drive sangat berguna dalam bagian G Suite. Pemilik bisnis memiliki kemampuan untuk mendapatkan penyimpanan Google Drive tanpa batas. Sayangnya, penyimpanan Google Drive tak terbatas akan hilang pada saat Workspace rilis.

Workspace adalah perubahan terbaru yang Google lakukan pada rangkaian produktivitas online-nya. Selain pembaruan branding dan alur kerja, perusahaan juga mengubah beberapa kapabilitas.

Baca Juga:

Perubahan G Suite ke Google Workspace

Melansir dari Android Police, penyimpanan Google Drive pada Workspace bekerja secara berbeda dari G Suite. Pada sistem lama, tingkat “Dasar” memungkinkan setiap pengguna memiliki penyimpanan sebesar 30 GB, tetapi Anda dapat memiliki pengguna sebanyak yang Anda inginkan. Tingkat “Bisnis”, bagaimanapun, memungkinkan tidak hanya jumlah pengguna yang tidak terbatas, tetapi juga penyimpanan tidak terbatas untuk setiap pengguna selama ada lebih dari 4.

Sebagai perbandingan, Google Workspace memiliki beberapa persyaratan yang cukup ketat pada penyimpanan Drive dan bahkan pengguna dalam hal ini. Tingkat “Business Starter” hanya menawarkan 30GB per pengguna. “Business Standard” meningkatkannya menjadi 2TB dan “Business Plus” 5TB. Semua tingkatan itu juga terbatas hanya tersedia hingga 300 orang.

Google Workspace

Rupanya, perubahan tersebut Google lakukan karena mengetahui bahwa “sejumlah kecil organisasi” sebenarnya menyadari manfaat penuh dari ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Ternyata, pada paket baru, penyimpanan tambahan dapat kita minta jika kita memerlukannya. Seorang juru bicara Google menjelaskan:

Sejumlah kecil organisasi pada beberapa industri tertentu benar-benar menyadari manfaat penuh dari penyimpanan tidak terbatas. Dengan edisi baru, kami memberikan nilai lebih dengan fitur yang berguna bagi lebih banyak pelanggan, seperti rekaman Meet pada edisi Business Standard baru, sambil mempertahankan harga dan penyimpanan yang berlimpah. Dan dengan edisi Enterprise, tersedia untuk pelanggan dari semua ukuran, lebih banyak penyimpanan dapat diminta jika diperlukan.

Sayangnya, tidak ada jalan lain. Pengguna bisnis baru tidak dapat lagi mendaftar paket G Suite, meninggalkan Workspace sebagai satu-satunya opsi. Itu, tentu saja, hadir dengan beberapa manfaat tambahannya sendiri, tetapi di bagian depan penyimpanan, ini tentu sedikit mengecewakan. Jika Anda adalah pengguna G Suite yang memanfaatkan batas penyimpanan yang tinggi, Anda mungkin harus menghubungi Google jika saatnya tiba untuk beralih ke Workspace.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: