Fungsi dan Cara Penggunaan Sensor Accelerometer

JENDELATEKNOLOGI.COM – Fungsi sensor Accelerometer pada Android dan cara menggunakannya, penting untuk anda ketahui. Sesuai dengan namanya, sensor Accelerometer merupakan sensor yang dapat mengukur gerak atau percepatan/perpindahan suatu benda, dari satu posisi menuju posisi lain.

Hal ini berdasarkan dengan 3 titik sumbu, yakni sumbu X, Y, dan Z. Melalui sensor ini, dapat menghitung berapa besar perpindahan dari suatu benda yakni dengan memanfaatkan adanya gravitasi bumi.

Fungsi Sensor Accelerometer pada Android

Fungsi Sensor Accelerometer - Ilustrasi Sensor Accelerometer pada Android

Smartphone saat ini menjadi salah satu barang penting dalam kehidupan seseorang. Baik untuk berkomunikasi, mengakses media sosial, mencari informasi internet, dan lain sebagainya.

Tahukah anda bahwa dalam sebuah smartphone sudah memiliki berbagai sensor. Dengan adanya beragam sensor tersebut, dapat untuk mengukur keadaan perangkat sehingga merespon secara otomatis.

Salah satu sensor yang terdapat pada sebuah perangkat smartphone Android adalah Accelerometer. Sensor Accelerometer merupakan salah satu sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu objek atau benda.

Sensor ini dapat mengukur percepatan dinamis serta statis. Pengukuran dinamis adalah pengukuran percepatan yang terdapat pada objek bergerak.

Sedangkan untuk pengukuran statis merupakan pengukuran terhadap gravitasi bumi. Sebagai contoh, pengukuran getaran yang terjadi pada kendaraan, mesin, hingga bangunan.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan sensor ini untuk mengukur getaran yang terjadi di dalam bumi, jarak dinamis, serta kecepatan dengan ataupun tanpa adanya pengaruh gravitasi bumi.

Fungsi Sensor Accelerometer pada Android dan Cara Menggunakannya

Berikut ini beberapa fungsi dari sensor Accelerometer dalam sebuah perangkat smartphone, antara lain:

Mengganti Musik

Sensor Accelerometer dapat mengganti musik pada media player yang anda miliki. Hanya dengan menggoyangkan ponsel anda, maka secara otomatis lagu akan berubah.

Untuk dapat memanfaatkan sensor ini, media player yang anda gunakan hendaknya memiliki atau terdapat fitur tersebut.

Mengubah Ukuran Layar

Fungsi sensor Accelerometer pada Android berikutnya adalah untuk mengubah ukuran layar dari landscape ke portrait atau sebaliknya.

Apabila ponsel anda dapat mengubah layar secara otomatis, misalnya posisi layar ponsel dimiringkan, maka hal ini berarti dalam smartphone anda telah tertanam sensor Accelerometer.

Melalui sensor ini, dapat menghitung perubahan posisi layar yang selanjutnya bisa mengubahnya secara otomatis.

Baca Juga:

Bermanfaat Dalam Pengambilan Proses Foto atau Video

Pada umumnya, sensor Accelerometer bermanfaat untuk mengurangi blur pada hasil tangkapan kamera dengan menghitung perpindahan ponsel secara otomatis akan memperbaikinya.

Sebagai Pedometer

Fungsi sensor Accelerometer pada Android berikutnya adalah anda dapat menghitung berapa jumlah langkah yang sudah anda lakukan.

Maka buat anda yang penasaran berapa jumlah langkah yang dapat anda lakukan dalam setiap harinya, maka anda bisa menginstal aplikasi Pedometer yang terdapat pada Play Store.

Bermain Game

Bagi anda penggemar permainan game dalam sebuah smartphone, tentu pernah pada saat bermain game hanya dengan menggoyangkan ponsel ke kanan dan ke kiri, atas, serta bawah.

Gerakan ini bertujuan untuk menggerakkan objek dalam sebuah game smartphone. Apabila pernah, maka hal ini anda telah memanfaatkan sensor Accelerometer.

Sensor ini pada umumnya terdapat pada game-game balapan. Atau salah satu jenis game yang memanfaatkan adanya sensor Accelerometer adalah Temple Run.

Dalam memainkan game ini, anda hanya perlu menggoyangkan HP ke kanan atau ke kiri, maka si pelari akan mengikuti gerakan ke kiri dan ke kanan tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Sensor Accelerometer

Selain fungsi sensor Accelerometer pada Android cukup beragam, terdapat pula beberapa kelebihan dan kelemahan dari sensor jenis ini.

Peminat sensor Accelerometer ini banyak karena memiliki harga yang cukup terjangkau. Selain itu, sensor ini terbukti mampu memberikan hasil pengukuran sudut yang tegak lurus.

Lalu nilai yang akurat terutama pada saat sistem sedang diam. Meskipun teknologi ini dapat terbilang cukup canggih, akan tetapi pada faktanya memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan tersebut antara lain boros baterai, respon yang cenderung lambat, serta hanya mampu membaca dalam dua sumbu yakni atas dan bawah.

Setelah mengetahui beberapa fungsi sensor Accelerometer pada Android beserta cara menggunakannya, sensor ini juga memiliki beberapa kelebihan serta kelemahan. Terdapat jenis sensor lain yang dapat anda peroleh dari perangkat smartphone selain sensor Accelerometer. Seperti Proximitym Ambient light, Gyroscope, serta Digital Compas yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *