Fitur iPhone yang Tidak Dimiliki Android

Fitur iPhone – Apple selalu menghadirkan fitur-fitur canggih dan modern pada iPhone sehingga harga jualnya lebih mahal dari HP Android. Namun, banyak pengguna iPhone tidak mengetahui teknologi canggih apa saja yang Apple tawarkan pada smartphone miliknya itu. Fitur-fitur canggih ini juga belum tersedia pada smartphone Android.

Lalu apa sajakah fitur iPhone yang tidak ada pada smartphone Android? Berikut ini kami ulas untuk Anda.

Kamera Magnifier

Perbedaan iPhone

Samsung awal tahun ini meluncurkan Galaxy S20 Series yang memiliki fitur unggul yaitu space zoom hingga 100x pada kameranya. Namun, fitur yang ada pada Samsung Galaxy S20 ini sudah ada lebih dulu pada smartphone besutan Apple. Apple sudah memiliki fitur ini pada iPhone bahkan sejak iPhone 6s rilis hingga model terbaru saat ini. Apple menyebut fitur ini yaitu dengan Magnifier.

Cara menggunakan Magnifier sama halnya menggunakan kamera biasa, hanya saja pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini.

Proses inilah yang membuat pengguna jarang mengetahui fitur dari Magnifier ini, karena keberadaannya yang tersembunyi. Untuk mengaktifkan fitur Magnifier, kamu hanya perlu membuka menu Setting → Accessibility→ Magnifier kemudian tekan On.

Sayangnya penggunaan Magnifier tidak bisa menyimpan gambar. Fitur ini digunakan untuk melihat benda yang kecil seperti serangga ataupun membaca tulisan yang kecil dan jauh.

Kualitas yang dari fitur ini tergantung dari tipe smartphone. Jika sudah smartphone mempunyai kamera ganda, hasil dari gambar dari Magnifier kemungkinan akan lebih bagus.

Live Listen

Para pengguna iPhone jarang sekali mengetahui dan menggunakan fitur ini. Fitur live listen sebenarnya khusus untuk difabel tuli agar memudahkan mereka mendengar, baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan. Penggunaan live listen sendiri sebenarnya untuk memudahkan pengguna dalam mendengar suara dengan detail dan juga memperjelas suara yang jauh. Cara menggunakan fitur ini adalah dengan membuka menu accessibility, kemudian pilih hearing device. Penggunaan live listen ini harus menggunakan headset ataupun Airpods.

Suara yang ditangkap akan diambil lewat smartphone bukan lewat headset ataupun airpods, untuk anda yang berprofesi sebagai mata-mata fitur ini akan membantu kalian untuk mendengar percakapan orang lain tanpa harus satu ruangan.

Baca Juga:

Tombol Volume Untuk Mengambil Gambar

Beberapa orang mungkin mempunyai kendala tangan yang tidak stabil saat memegang sesuatu. Hal ini tentu saja mengganggu saat ingin mengambil gambar menggunakan smartphone. Pada iPhone, tombol volume kini dapat kita gunakan untuk mengambil gambar agar gambar yang ditangkap lebih stabil.

Pengguna jarang mengetahui fitur ini karena Apple tidak menginformasikannya secara langsung bahwa tombol volume bisa kita gunakan untuk mengambil foto.

Pesan Rahasia pada Notes

Ternyata fitur notes pada iPhone tidak hanya bisa kita gunakan untuk menulis catatan saja, tetapi bisa juga kita gunakan untuk bertukar pesan rahasia antar sesama pengguna iPhone. Untuk bertukar pesan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengundang teman ke dalam notes dengan menekan add people. Setelah itu, pengguna bisa saling bertukar pesan dari notes. Jika pesan tersebut bersifat rahasia, pengguna bisa mengunci notes tersebut.

Fitur ini akan sangat membantu pengguna yang pesannya sering terbaca oleh orang lain seperti keluarga dan teman. Mereka tidak akan menyangka bahwa pesan rahasia ternyata bisa kita lakukan dari notes karena belum banyak pengguna yang mengetahui fitur ini.

Spoken Content Untuk Membantu Membaca

Fitur ini bisa jadi salah satu fitur yang akan sering dipakai pengguna jika sudah mengetahuinya. Fitur spoken content pada iPhone adalah fitur yang membantu pengguna untuk membaca. Jika pengguna lebih suka dibacakan tulisan, maka speaker content bisa memenuhi keinginan. Fitur ini bahkan dapat membacakan emoticon yang ada pada smartphone.

Untuk mengaktifkannya kamu harus masuk ke Setting→ Accessibility→ Spoken Content. Setelah itu kamu bisa memunculkan fitur ini dengan menarik dua jari dari atas layar ke bawah, kemudian akan muncul spoken content yang akan membacakan teks pada layar. Kamu juga bisa mengatur kecepatan membacanya. Fitur ini berguna bagi orang-orang yang lebih suka mendengarkan daripada membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: