Fitur Baru Google yang Keren Resmi Hadir

Fitur Baru Google – Google memiliki beragam jenis aplikasi yang tertanam pada Android dari asisten Google hingga aplikasi Foto. Dari aplikasi yang ada, pastinya ada fitur yang menjadi pelengkap.

Baru ini, Google menghadirkan beberapa fitur baru pada aplikasi layanannya yang bertujuan untuk memberi kemudahan pengguna. Fitur ini juga menandai hadirnya Android 11 yang sudah hadir secara global pada perangkat Google Pixel 5. Itu artinya, jika smartphone kalian sudah beroperasi dengan Android 11, kemungkinan akan merasakan fitur baru ini.

Apa saja fitur baru yang pengguna Android nantikan? Simak penjelasan berikut ini

5 Fitur Google yang Baru Rilis

Ada 5 fitur yang Google rilis pada aplikasi besutannya. Apa sajakah itu?

Fitur Baru Google

Perintah Suara

Pertama, kalian bisa dengan mudah membuka aplikasi hanya dengan menyebutkan suara pada Google Asisten. Cara menggunakan asisten Google juga cukup mudah, yaitu dengan mengucap ‘Ok Google’ dan kemudian memberikan perintah.

Baca Juga:

Berbagi Layar

Kedua, fitur baru ini ada pada aplikasi Google Duo, yaitu sharing screen atau berbagi layar saat melakukan panggilan video. Fitur ini juga ada pada Google Meet, sehingga kita bisa berbagi foto atau visual kepada teman atau keluarga, serta rekan kerja. Selain itu, Google telah mennyematkan opsi pesan jika seseorang yang dihubungi sedang tidak bisa menerima panggilan. Fitur ini memiliki fasilitas teks otomatis untuk mereka yang memiliki masalah pendengaran dan lingkungan sekitar yang mungkin tidak memungkinkan untuk memutar suara.

Blokir Telepon Spam

Ketiga, pada aplikasi Telepon sekarang dapat menghentikan dan memblokir panggilan spam yang tidak perlu secara otomatis. Aplikasi akan memberi tahu siapa yang menelepon dan alasannya. Lebih lanjut, Google mengklaim bahwa fitur Perlindungan Spam ini akan berjalan dengan lancar pada semua perangkat yang menjalankan OS Android 9 atau lebih tinggi.

Transkripsi Instan

Melansir Indian Express, fitur selanjutnya yang ada pada aplikasi Transkripsi Instan. Google telah meningkatkan sistem pemberitahuan suara pada aplikasi tersebut, yang akan bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pendengaran. Setelah fitur ini aktif, perangkat akan mengenali suara yang dibuat oleh alarm kebakaran, ketukan pintu, atau bunyi bip peralatan. Serta akan memperingatkan pengguna dengan berkedip, bergetar, dan memberikan notifikasi push. Selain itu, smartwatch Wear OS juga dapat sinkron dengan fitur getar dan mengirimkan push notifikasi pada aktivitas serupa.

Action Block

Fitur yang terakhir bisa kita rasakan pada Action Block yang sekarang dapat berfungsi untuk komunikasi interaktif tanpa menggunakan suara melalui frasa pendek dan penggambaran melalui gambar. Ini berfungsi sebagai suara buatan untuk orang-orang dengan disabilitas kognitif, terkait usia, dan terkait bicara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *