Berita

Firefox Hentikan Progressive Web Apps pada Desktop

JENDELATEKNOLOGI.COM – Salah satu fitur web terbaru yang lebih baik adalah kemampuan situs web untuk ditingkatkan menjadi aplikasi mandiri, Aplikasi Web Progresif, pada ponsel atau desktop Anda. Sayangnya, tampaknya Mozilla telah menghentikan pengembangan untuk mendukung Progressive Web Apps (PWA) di Firefox versi desktop.

Progressive Web Apps

Meskipun bagian dari keindahan web adalah Anda dapat mengharapkan pengalaman yang cukup konsisten di berbagai browser. Tetapi setiap browser memiliki perbedaan. Misalnya, Chrome dan Chromium telah memfokuskan upaya seperti Bluetooth Web yang belum diadopsi oleh browser lain. Sementara Firefox menawarkan hal-hal seperti Penampung Facebook otomatis yang melindungi privasi.

Pembeda terbaru antara Firefox dan peramban berbasis Chromium, melalui Fast Company, adalah bahwa Mozilla tampaknya melepaskan fitur yang sudah lama mereka kembangkan yang mereka sebut “site-specific browsers,” yang tidak pernah tumbuh melampaui status eksperimental. Secara efektif, browser khusus situs Firefox mengizinkan situs untuk dibuka di jendela seperti PWA. Tetapi tidak memiliki hal-hal seperti dukungan add-on.

Baca Juga:

Menyusul penolakan dari komunitas, Mozilla menjelaskan bahwa site-specific browsers jarang terpakai, sehingga memutuskan untuk menghentikannya. Lebih jauh lagi, mereka menjelaskan bahwa mereka berharap memberi sinyal bahwa “Dukungan Progressive Web Apps tidak akan hadir di desktop Firefox dalam waktu dekat”. Sebaliknya, Mozilla mengalihkan fokusnya ke fitur yang mereka yakini akan lebih bermanfaat bagi penggunanya.

Pengumuman Firefox datang pada saat browser berbasis Chromium seperti Microsoft Edge telah mendorong untuk membuat Aplikasi Web Progresif.

Firefox tidak sendirian dalam mendukung PWA di perangkat seluler. Apple saat ini hanya mengizinkan Anda menginstal PWA pada perangkat iOS. Fitur yang ada pada layanan seperti Google Stadia yang biasanya tidak mendapatkan persetujuan App Store, sedangkan Safari versi desktop tidak memiliki dukungan PWA.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih