Cara Menghemat Kuota ketika Meeting Zoom

Cara Menghemat Kuota ketika Meeting Zoom – Meeting online melalui Zoom memang sering kita lakukan pada saat pandemi ini. Terutama untuk keperluan kerja atau pun untuk menunjang pembelajaran saat ini. Dengan menggunakan Zoom, pengguna bisa melakukan pertemuan secara virtual dengan menggunakan gadget mereka.

Untuk dapat menggunakan Zoom, kamu tentunya harus memiliki koneksi internet yang baik dan kuota yang memadai. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat kuota saat ada meeting pada Zoom.

Tips Hemat Kuota saat Meeting Zoom

Cara Hemat Kuota pada Meeting Zoom

1. Matikan Kamera

Mematikan kamera merupakan cara dan pilihan yang tepat untuk mengurangi jumlah paket data yang terbuang. Kamu bisa mencoba cara ini jika tidak ada rapat yang penting atau rapat yang tidak mewajibkan untuk menghidupkan kamera.

2. Matikan Audio

Meskipun tidak menggunakan bandwith terlalu banyak tidak seperti video yang menguras banyak bandwith atau kuota. Kamu juga bisa menghemat kuota dengan cara mematikan audio ketika kamu tidak berbicara pada meeting tersebut. Gunakan tombol mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio kamu.

3. Hindari Membuka Aplikasi Lain

Tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom Anda dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video.

4. Matikan Video HD

Cobalah kamu cek pengaturan pada video, apakah kamu mengaktifkan video HD apa tidak. Jika fitur ini aktif sebaiknya untuk menonaktifkan video HD. Karena video HD membutuhkan bandwith atau kuota yang lebih banyak.

5. Hanya Berbagi Layar Jika Perlu

Pastikan untuk berhenti berbagi layar jika kamu tidak perlu lagi untuk membagikan layar perangkatmu. Hal ini juga berlaku untuk pengguna lain, mintalah pengguna lain untuk menonaktifkan fitur ini jika tidak dibutuhkan lagi. Untuk detail tentang menghidupkan dan mematikan berbagi layar, lihat Bagikan Layar kamu pada situs website Zoom.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan dokumen kolaboratif online daripada berbagi layar. Pilihlah layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus. Layanan ini tetap menggunakan bandwith data, tetapi tidak terlalu banyak.

6. Gunakan Perekaman Cloud

Host fakultas dan staf yang merekam sesi Zoom dapat memanfaatkan opsi perekaman cloud Zoom ini. Sehingga kamu tidak perlu mengunggah layanan apapun saat meeting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *