Tutorial

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway pada Website

JENDELATEKNOLOGI.COM – Setiap kali kita mengakses sebuah situs, browser mengirimkan berbagai permintaan ke server web lainnya. Server ini mengontrol semua permintaan dan mengirimkan kembali kode status HTTP bersamaan dengan resource yang diminta. Umumnya, kode status HTTP tidak akan tampil kecuali jika ada masalah yang terdapat pada saat proses berlangsung. Ini merupakan cara kerja server yang memberi tahu server lainnya dan end-user terkait masalah yang ada.

502 bad gateway adalah salah satu kode status HTTP yang akan Anda temukan dari waktu ke waktu. Meskipun tidak sesering error 500 internal server atau error 503 service unavailable, tetap saja error 502 tidak bisa Anda kesampingkan begitu saja. Karena itulah, pada tutorial kali ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai Error 502 Bad Gateway ini.

Pengertian 502 Bad Gateway

502 Bad Gateway adalah salah satu error yang tidak hanya kita jumpai pada WordPress saja, melainkan juga website lain dengan platform yang berbeda. Dampak kesalahan ini dapat cukup serius memengaruhi website Anda, terutama dari segi penurunan visitor.

Apa yang menjadi penyebab 502 Bad Gateway? Berikut diantaranya:

  • Cache browser Anda
  • Permasalahan DNS
  • Plugin & template Anda
  • CDN
  • Log Error

Dalam tutorial berikut ini kami akan membahas apa yang menyebabkan error 502 serta cara efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pengaruh 502 Bad Gateway Bagi Website

Sebelum ke langkah untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya kita mengetahui seberapa besarkah pengaruh 502 Bad Gateway bagi website? Mari simak ulasan berikut.

Merusak Performa SEO

Error 502 Bad Gateway secara langsung mempengaruhi performa SEO website. Reputasi website pada search engine akan semakin terjun bebas karena calon pengunjung terus menerus gagal mengakses website. 

Gagal Mendapatkan Pengunjung dan Konversi

Apa jadinya jika calon pengunjung terus dihadapkan pada halaman Error 502 Bad Gateway? Tentunya, mereka merasa kecewa. Beberapa mungkin mau memberi toleransi dan kembali mengakses website. Namun, banyak juga yang lebih mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya.

Jika website gagal mendapatkan pengunjung, bagaimana bisa konversi terjadi? Itu artinya, pengaruh 502 Bad Gateway sangat memberikan dampak negatif bagi website sekaligus bisnis Anda.

Jenis Error 502

Sebelum masuk ke cara mengatasi error, ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis Error 502 berdasarkan notifikasi yang muncul:

  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502. That's an error
  • 502 Bad Gateway
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request
  • 502 Proxy Error
  • HTTP Error 502 - Bad Gateway
  • Temporary Error (502)

Sekali lagi, karena error 502 ini bisa terjadi pada berbagai platform, maka jenisnya pun beragam. Nah bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Secara umum, penyebab kesalahan ini terjadi pada server, namun tidak jarang masalah ini bisa dari sisi website sendiri. Dalam kesempatan ini kami akan membahas penyebab serta cara solusi memperbaiki 502 bad gateway agar website Anda dapat diakses kembali.

Refresh Halaman Website

Error 502 Bad Gateway

Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan ketika menemukan error 502 Bad Gateway adalah melakukan refresh halaman website atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Kemudian, silakan tunggu hingga beberapa menit ke depan. Server yang sedang overload dapat menyebabkan masalah ini.

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses website Anda melalui browser berbeda atau private browser. Cara lain untuk mengeceknya, Anda dapat memanfaatkan tool online seperti downforeveryoneorjustme.com

Hapus Cache Browser Anda

Menghapus cache browser adalah cara lain untuk mengatasi masalah tersebut. Cara ini perlu Anda lakukan guna memastikan error yang muncul bukan berasal dari halaman error yang tersimpan pada browser Anda.

Ganti Browser

Ketika menghapus cache browser tak menyelesaikan masalah, cobalah untuk berganti menggunakan browser lain. Mencoba berganti ke mode incognito juga bisa kita lakukan. Cara ini bisa dilakukan untuk memastikan apakah masalah ada di browser itu sendiri.

Masalah pada DNS

Penyebab lain dari error 502 Bad Gateway adalah masalah pada DNS, misalnya terdapat nama domain tidak mengarah ke alamat IP yang benar. Kesalahan kerap terjadi ketika Anda memindahkan website. Oleh karena itu, Anda perlu menunggu hingga 24 jam ke depan untuk menyelesaikannya.

Anda juga dapat melakukan flush DNS. Cara ini tidak jauh berbeda seperti Anda menghapus cache browser. Jika Anda belum mengatahui caranya, silakan ikuti tutorial cara flush DNS.

Gunakan Gadget Lain

Ketika penyebab 502 Bad Gateway tak juga teratasi, Anda perlu mencoba koneksi menggunakan gadget lain. Entah itu laptop, komputer, ataupun smartphone. Cara ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah masalah terletak di koneksi internet atau gadget yang Anda pakai.

Lakukan Pengecekan pada Layanan Hosting

Penyebab error 502 yang paling sering terjadi biasanya disebabkan karena adanya masalah pada web hosting yang Anda gunakan. Misalnya karena website Anda terlalu banyak melakukan query.

Masalah ini biasanya lebih sering dialami oleh pengguna shared hosting, dimana terdapat script yang akan menghentikan request dari query website Anda. Hal ini dilakukan guna mencegah server down dan berimbas ke pengguna lainnya dengan server yang sama.

Jika error tersebut karena masalah pada web hosting yang Anda gunakan, kami menyarankan Anda untuk beralih ke VPS.

Cek Plugin dan Template

Plugin serta template Anda dapat menjadi sumber permasalahan error 502 Bad Gateway. Script maupun query dari website Anda dapat saja dihentikan oleh sistem server karena adanya script pada WordPress yang bermasalah. Nah, sumber permasalahan tersebut kerap ditemukan pada plugin atau template yang Anda instal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menonaktifkan semua plugin, kemudian coba akses website Anda kembali sebelum memastikan error tersebut masih ada atau tidak.

Untuk menonaktifkan plugin silakan login ke dashboard WordPress terlebih dahulu kemudian pilih menu Plugins > Installed Plugins. Kemudian, berikan tanda centang pada semua plugin, pilih Deactivate pada menu dropdown dan klik Apply. Visualisasi penjelasan lebih lanjut dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Jika dashboard WordPress di WordPress hosting Anda tidak dapat diakses, penonaktifkan plugin bisa melalui FTP Client seperti FileZilla. Untuk menonaktifkan plugin, Anda dapat mengubah nama folder plugins menjadi nama lain, misalnya plugins-nonaktif.

Selanjutnya, akses folder plugins dengan cara masuk ke direktori utama instalasi WordPress Anda, kemudian buka folder wp-content.

Jika error sudah tidak muncul, silakan aktifkan kembali plugin Anda satu per satu melalui dashboard WordPress. Jangan lupa juga namai kembali folder plugins yang sebelumnya telah Anda diubah.

Nonaktifkan CDN untuk Sementara

Jika website Anda menggunakan CDN seperti CloudFlare, silakan nonaktifkan untuk sementara waktu dengan cara mengubah nameserver CloudFlare dengan nameserver hosting Anda.

Cek pada Error Log

Jika kemunculan error 502 bad gateway pada website muncul setelah Anda melakukan perubahan tertentu, maka kemungkinan besar perubahan itulah yang menyebabkan error. Melihat error log adalah salah satu jalan untuk mengetahuinya.

Untuk mengaktifkan error log pada wordpress, Anda cukup menambahkan beberapa line dibawah ke wp-config.

define( 'WP_DEBUG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_LOG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Untuk melihat perubahan entry yang terjadi, Anda dapat mengakses file wp-contents/debug.log untuk menganalisa error yang terjadi.

Hubungi Customer Support

Cara ini adalah langkah terakhir ketika permasalahan 502 Bad Gateway tidak selesai menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Jelaskan kronologi dan waktu Anda menemui error 502 ini.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi 502 Bad Gateway pada website Anda. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, error tersebut biasanya tidak disebabkan dari sisi klien, melainkan karena adanya permasalahan pada server.

Selain itu, plugin atau template dengan struktur code yang buruk juga dapat menjadi penyebab utama error tersebut.

Jika Anda ingin menambahkan alternatif cara mengatasi 502 Bad Gateway, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih