Tips

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah

Handphone menjadi perangkat elekronik yang tidak bisa lepas dari keseharian manusia. Hampir semua aktivitas kita dipermudah dengan teknologi ponsel pintar. HP menjadi perangkat untuk menyimpan data. Bahkan, tak jarang banyak orang menggunakannya untuk berbagai transaksi pembayaran. Sehingga, ketika telepon genggam tersebut hilang, pemiliknya akan mencari cara melacak HP tersebut.

Untuk mencari HP yang hilang, ada beberapa cara. Berikut ini langkah yang cukup mudah dan efektif untuk menemukan handphone yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Ketika HP hilang, mungkin Anda sudah lupa kondisi terakhirnya. Tetapi umumnya, seseorang yang menemukan telepon genggam di jalan atau di tempat umum akan langsung mematikannya agar tidak bisa dihubungi. HP dalam keadaan mati alias tidak menyala ternyata masih bisa ditemukan dengan menggunakan cara-cara sebagai berikut:

Melacak Android Menggunakan Laptop

Anda bisa mamanfaatkan perangkat laptop atau komputer untuk menemukan HP yang hilang, dengan cara:

  1. Nyalakan laptop Anda dan buka situs google.com/android/find.
  2. Masukkan alamat email yang terhubung ke telepon pintar Anda yang hilang.
  3. Selanjutnya Anda akan menemukan lokasi terakhir HP tersebut.
  4. Aktifkan fitur “putar suara” untuk membunyikan ponsel Anda yang hilang. Jika fitur tersebut diaktifkan, ponsel akan tetap bunyi meskipun telah di silent.
  5. Klik “amankan perangkat” dan layar HP tersebut akan terkunci serta menampilkan pesan untuk penemu HP tersebut agar menghubungi Anda.

Melacak iPhone Menggunakan Laptop

Selain untuk melacak HP dari jenis android, laptop bisa untuk melacak iPhone Anda yang hilang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka laptop lalu akses situs icloud.com/find.
  2. Kemudian masuk ke situs tersebut menggunakan ID Aplle yang sama dengan iPhone Anda yang hilang.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat posisi iPhone anda berada dan bisa langsung klik “play sound”.
  4. Selanjutnya aktifkan “lost mode” dan tuliskan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang yang menemukan HP tersebut.

Sebagai tips, untuk mengantisipasi telepon genggam yang hilang, Anda bisa selalu mengaktifkan mode GPS pada HP yang anda gunakan. Hal tersebut akan membantu menemukan HP saat keberadaannya tidak diketahui.

Cara Melacak Hp yang Hilang dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equiment Identity merupakan sebuah tanda pengenal unik di setiap ponsel. IMEI ini sifatnya tetap. Anda tidak bisa mengubah atau menghilangkannya.

Saat membeli ponsel, pastikan Anda memverifikasi nomor IMEI yang ada di ponsel tersebut. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa ponsel yang Anda beli bukan perangkat ilegal.

Selain untuk memastikan bahwa ponsel tersebut legal, IMEI ini ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara untuk melacak hp yang hilang. Ada beberapa tahapan yang harus anda ikuti jika menggunakan cara melacak hp yang hilang dengan IMEI.

Melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI akan melibatkan pihak lain yaitu operator seluler. Mereka akan membantu Anda untuk menemukan HP yang hilang. Cara ini bisa dikatakan paling aman karena data dalam ponsel Anda dapat terjaga dan terlindungi.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui nomor IMEI dari HP tersebut. Lalu, hubungilah call center dari operator seluler yang Anda gunakan. Informasikan kepada CS nomor IMEI dari ponsel yang hilang. Kemudian, Anda akan diberitahukan keberadaan ponsel tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Hapus Isi Trash MacOS Secara Otomatis

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP

Nomor HP yang terpasang pada ponsel ternyata bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang. Di sini perlu bantuan dari aplikasi Google Maps untuk mengetahui titik keberadaan ponsel Anda yang hilang. Berikut ini cara untuk melacaknya:

  1. Buka telebih dahulu aplikasi Google Maps.
  2. Kemudian klik menu optional, dan masukkan nomor ke daftar friend list.
  3. Selanjutnya memasukkan nomor HP yang hendak Anda lacak. Pastikan nomor HP Anda yang hilang sudah menerima undangan.
  4. Lanjutkan dengan klik nomor tersebut dan aplikasi Google Maps akan dengan sendirinya menunjukkan keberadaan HP yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Email

Selain menggunakan nomor HP, cara melacak HP yang hilang bisa dengan bantuan alamat email. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu situs gmail.com pada laptop atau perangkat elekronik lain.
  2. Selanjutnya anda bisa login menggunakan alamat email yang terpasang pada hp yang hilang.
  3. Kemudian klik 9 atau simbol titik yang jumalhnya 9.
  4. Lanjutkan dengan memilih menu akun google, dan masuk pada bagian buka aktivitas saya.
  5. Berikutnya anda bisa memilih menu strip 3 yang ada di pojok kiri pada tampilan laptop dan pilih control aktivitas.
  6. Terakhir klik kelola aktivitas dan Anda bisa mengetahui aktivitas pada HP yang hilang termasuk lokasi keberadaannya.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Aplikasi

Masih ada pilihan beberapa cara lain untuk mengetahui keberadaan hp anda yang hilang, yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi pencari hp yang hilang. Berikut list aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menemukan hp anda yang hilang.

1. Mobile Number Locator

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menemukan HP android yang hilang menggunakan nomor telepon genggam yang terpasang di dalamnya. Mobile Number Locator memiliki fitur untuk menemukan HP yang hilang menggunakan kode STD dan ISD.

2. Android Device Manager

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara melacak hp yang hilang dan nantinya akan menunjukkan arah atau lokasi keberadaan HP yang hilang.

3. Prey Anti Theft

Aplikasi ini bisa melacak keberadaan HP yang hilang dengan menggunakan SMS dan menyediakan fitur alarm yang membuat hp anda berdering walaupun sudah di-silent.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih