Cara Lacak HP yang Hilang Lewat Find My Device

JENDELATEKNOLOGI.COM – Lacak hp yang hilang, baik karena lupa tempat menyimpannya, ketinggalan, atau karena tercuri, selalu bikin pusing. Melansir dari suara.com, tetapi untuk pengguna gawai Android, cara menemukan ponsel yang hilang sebenarnya mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi Find My Devices.

Saat mencari ponsel yang hilang, aplikasi dari Google ini bisa membuat gawai berbunyi, mengunci otomatis, dan bahkan menghapus data. Semua fungsi ini bisa kita aktifkan dari jarak jauh.

Melansir dari Android Central, berikut cara untuk melacak HP yang hilang menggunakan aplikasi Find My Device.

Install Find My Device

Cara Lacak HP yang Hilang

Aplikasi ini biasanya sudah aktif pada sebagian besar perangkat. Namun jika ponsel Anda belum memiliki Find My Device, pengguna bisa mengunduhnya dari Google Play Store.

Setelah terpasang, pengguna harus masuk dengan menggunakan akun Google untuk menyambungkan aplikasi dengan perangkat. Selain itu, mereka juga akan diminta akses lokasi dengan mengaktifkan GPS.

Baca Juga:

Lacak HP

Untuk melacak ponsel dari jarak jauh, yang harus pengguna lakukan yaitu membuka aplikasi Find My Devices atau bisa juga melakukan penelusuran lewat Google dengan kata kunci Find My Devices.

Setelah ponsel ditemukan, pengguna dapat membunyikan perangkat tersebut melalui aplikasi. Fitur ini bisa kita aktifkan sekalipun ponsel dalam mode silent.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur kunci perangkat untuk mengamankan ponsel dengan kode sandi atau sidik jari. Fitur ini bertujuan untuk mencegah akses apabila ponsel dicuri atau ditemukan orang lain.

Kemudian ada juga opsi untuk menampilkan pesan di layar ponsel. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim pesan kepada ponsel yang berisi nomor darurat agar orang lain bisa menghubunginya.

Namun jika semua fitur tersebut tidak berhasil, pengguna bisa memilih cara terakhir untuk menghapus semua data pada ponsel. Penghapusan data ini akan aktif ketika ponsel menggunakan data seluler atau jaringan Wifi. Apabila ponsel sedang offline, maka fitur itu secara otomatis akan aktif saat ponsel memiliki jaringan (online).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *