Berita

Cara Install Windows 10 ARM di Mac M1

JENDELATEKNOLOGI.COM – Parallels baru-baru ini merilis pratinjau teknis atau technical preview Parallels 16 yang kompatibel dengan M1 Mac, dan bekerja dengan sangat baik. Parallels merangcang versi Apple Silicon khusus untuk sistem operasi berbasis ARM, sehingga tidak akan berfungsi dengan Windows 10 versi x86, tetapi memerlukan Windows versi ARM. Dalam tutorial ini, kami menunjukkan kepada Anda cara menjalankan Windows untuk ARM di M1 Mac menggunakan Parallels.

Ini adalah pratinjau teknis (technical preview) di kedua sisi – baik dari perspektif Parallels dan Microsoft. Dengan kata lain, akan ada bug, dan beberapa hal tidak akan berfungsi. Misalnya, aplikasi arm32 langsung mogok saat diluncurkan, dan VM juga tidak dapat ditangguhkan.

Tutorial ini hanya untuk Mac M1 – MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini yang menggunakan Apple Silicon. Dan ini hanya dirancang untuk bekerja dengan menggunakan mesin virtual. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Mac M1 pada artikel ini untuk menjelajahi seluk beluk perangkat keras baru Apple yang menarik.

Baca Juga:

Cara Install Windows 10 ARM di Mac M1

Setelah penginstalan, Parallels memberikan detail tambahan tentang menjalankan VM dengan menggunakan Pratinjau Teknisnya (Technical Preview):

Cara Install Windows 10 ARM di Mac M1

Unduh dan instal perangkat lunak

  1. Unduh dan instal Parallels Desktop 16 untuk M1 Mac Technical Preview. Parallels akan memberikan kunci aktivasi di bawah tautan unduhan.
  2. Mendaftar untuk Program Windows Insider, dan Unduh Windows 10 Client ARM64 Insider Preview
  3. Buka Parallels dan seret file Windows10_InsiderPreview_Client_ARM64_en-us ke Bantuan Instalasi dan klik Buat.
  4. Parallels 16 akan membuat Windows 10 baru untuk instance mesin virtual ARM. Anda harus masuk ke Parallels dengan akun pengguna, dan memberikan kunci aktivasi yang Anda dapatkan pada langkah 1.
  5. Setelah masuk dan aktif, Parallels 16 akan mengkonfigurasi mesin virtual Windows 10, menginstal Parallels Tools, dan menyelesaikan penginstalan Windows 10 untuk ARM.
Cara Install Windows 10 ARM di Mac M1

Nonaktifkan Sinkronisasi Waktu

Dalam versi awal Parallels for M1 Macs ini, Anda perlu menonaktifkan Time Sync atau Anda akan berisiko memiliki VM Windows yang tidak merespons. Untuk menonaktifkan Sinkronisasi Waktu, klik Tindakan di bilah menu Parallels dan pilih Config. Klik tab Opsi, dan pilih Opsi Lainnya. Di kotak dropdown di samping Sinkronisasi Waktu, pilih Jangan sinkronkan, dan tutup jendela konfigurasi.

Cara Install Windows 10 ARM di Mac M1

Aktifkan Dukungan Emulasi x64

  1. Di bilah pencarian Windows, cari ‘Insider’ dan klik pengaturan Windows Insider Program.
  2. Klik tautan Buka Pengaturan Diagnostik & Umpan Balik dan aktifkan data diagnostik opsional.
  3. Klik Tautkan akun Windows Insider, dan masuk dengan akun Windows Anda.
  4. Setelah masuk, klik Saluran Beta (Direkomendasikan) di bawah pengaturan orang dalam, dan pilih Saluran Dev untuk mendapatkan akses ke pembaruan terkini.
  5. Klik tombol Home untuk kembali ke halaman utama Windows Settings, dan klik Update & Security.
  6. Klik periksa pembaruan di bawah Pembaruan Windows, dan Anda akan melihat versi pengembangan Pratinjau Orang Dalam 10 Windows terbaru muncul. Lalu klik tombol unduh dan instal di bawah deskripsi build untuk menginstal build developer terbaru. Windows akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan pengunduhan dan penginstalan, jadi bersabarlah. Setelah semua pembaruan terpasang dan mesin Anda dinyalakan ulang, Alat Paralel akan dipasang ulang dan Anda harus mem-boot ulang sekali lagi.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penambahan dukungan x64 baru-baru ini di Windows 10 pada ARM, lihat entri blog Microsoft di sini.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih