Atasi Filter Instagram Lemot, Begini Triknya

Atasi Filter Instagram Lemot – Begini 7 trik cara atasi filter Instagram (IG) yang lemot. Buat para netizen tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosial media yang satu ini. Ya, Instagram yang penuh dengan berbagai macam filter yang biasa kita pakai untuk membuat story ataupun yang lainnya. Terkadang kita perlu waktu yang lebih lama untuk membuka filter pada Instagram Story. Beginilah beberapa cara untuk mengatasi filter Instagram yang lemot.

Cara Atasi Filter Instagram Lemot

Atasi Filter Instagram Lemot

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi filter Instagram yang lemot.

1. Update Aplikasi Instagram

Aplikasi Instagram dengan versi yang lawas bisa menjadi masalah untuk membuka filter, salah satunya yaitu loading yang lama. Beberapa filter IG terbaru juga mendukung untuk versi aplikasi tertentu. Maka lakukan update buat kamu yang masih memiliki aplikasi Instagram dengan versi lawas.

Banyak pemilik smartphone yang mematikan update otomatis pada aplikasi ini, mungkin karena storage pada HP tersebut cenderung lebih sedikit. Tetapi hal ini bisa juga mempengaruhi fungsi utama dari aplikasi Instagram, jadi ada baiknya untuk memperbarui aplikasi Instagram secara berkala.

2. Bersihkan Cache

Cache atau sampah yang menumpuk pada HP mu akan menyebabkan penyimpanan internal cepat penuh, begitu juga berpengaruh pada loading aplikasi lainnya seperti Instagram.

Untuk cara membersihkan cache seperti ini:

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu aplikasi
  • Pilih Instagram
  • Tekan tombol Bersihkan Cache

Beberapa ponsel sekarang juga sudah ada aplikasi bawaan untuk membersihkan cache dengan mudah, maka dari itu manfaatkanlah aplikasi bawaan tersebut.

3. Hapus Data

Selain menghapus cache, cara ini juga dapat mempercepat loading suatu aplikasi pada ponsel mu, khususnya untuk Instagram.

Cara menghapus Data:

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu aplikasi
  • Pilih Instagram
  • Tekan tombol Hapus Data

Dengan cara ini kamu dapat menghapus semua data dari aplikasi Instagram. Perlu menjadi catatan, setelah kamu menghapus data dari sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan kembali seperti pertama kali kamu memasangnya. Jadi, kamu perlu untuk login kembali ke dalam aplikasi Instagram.

4. Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika beberapa cara diatas belum berhasil, maka kamu bisa melakukan cara ini. Dengan melakukan install ulang pada aplikasi, maka seluruh data aplikasi tersebut akan hilang termasuk data yang tidak diperlukan.

5. Restart Ponsel

Jika kamu mengalami masalah di smartphone kamu, yang perlu kamu lakukan adalah restart ponsel. Cara ini cukup ampuh dan efektif untuk mengatasi aplikasi yang lag atau crash pada saat digunakan. Karena pada dasarnya jika kamu melakukan restart pada ponselmu, maka beban yang ada para RAM akan berkurang. Sehingga aplikasi yang tidak terpakai akan tertutup dengan sendirinya dan aplikasi yang sering kamu gunakan juga mendapat daya suplai RAM yang memadai.

6. Tutup Paksa (Force Close) Aplikasi Instagram

Cara selanjutnya untuk mengatasi filter IG yang lemot kamu bisa melakukan penutupan secara paksa atau force close pada aplikasi Instagram milikmu. Cara ini akan memaksa sistem untuk menutup aplikasi Instagram jika dia masih berjalan pada ponselmu. Pada cara ini kamu tidak akan kehilangan data yang ada pada aplikasi Instagram milikmu, jadi tidak usah khawatir untuk login ulang. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi Instagram lagi seperti biasanya.

Untuk cara melakukan force close seperti berikut:

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu aplikasi
  • Pilih Instagram
  • Tekan tombol Hentikan secara Paksa

7. Login Ulang

Langkah yang terakhir ini bisa kamu coba jika filter pada IG belum bisa muncul. Ya, kamu cukup login ulang saja. Caranya sangat mudah, yaitu kamu silahkan logout atau keluar terlebih dahulu dari akun Instagram mu lalu login lagi.

Jadi seperti itulah beberapa trik untuk mengatasi filter Instagram yang lemot. Kamu juga bisa baca artikel Tips & Trik lainnya. Jika ada pertanyaan bisa ditulis pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *