Berita

Aplikasi yang Wajib Dimiliki Smartphone Android Baru

JENDELATEKNOLOGI.COM – Baru punya smartphone Android baru untuk liburan? Jika ini yang pertama bagi Anda, mungkin sedikit mengintimidasi, jadi untuk Anda mulai, berikut adalah 5 aplikasi yang harus segera Anda pasang atau siapkan di perangkat Android baru. Atau, jika Anda belum menggunakan aplikasi ini, mungkin inilah saatnya untuk mencobanya!

Tingkatkan Kualitas Perpesanan Anda

Google Messages (RCS)

Setidaknya di AS, perpesanan secara tradisional menjadi titik sakit smartphone Android. Untungnya, Google telah bekerja keras untuk memperbaikinya dalam beberapa bulan terakhir. Solusi yang dikenal sebagai RCS (Rich Communication Services) tersedia untuk setiap smartphone Android di dunia mulai tahun ini.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan RCS di perangkat Anda dan, yang lebih penting, apa manfaatnya? Manfaatnya, pertama, RCS jauh lebih mampu daripada SMS / MMS. Gambar dapat dikirim dalam kualitas yang lebih tinggi, indikator pengetikan, dan lebih banyak lagi semuanya datang dengan RCS. Obrolan grup juga mendapatkan peningkatan besar juga. Pada dasarnya, RCS seperti iMessage Apple, tetapi untuk ponsel Android.

Untuk mendapatkan RCS di ponsel Android Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh Google Messages. Aplikasi gratisnya adalah aplikasi SMS. Tetapi di negara-negara tertentu termasuk AS, aplikasi ini juga dapat mengaktifkan pengiriman pesan RCS di semua operator dan smartphone Android apa pun. Cukup unduh, setel sebagai aplikasi SMS default Anda, dan tunggu perintah untuk mengaktifkan RCS. Kami juga memiliki tutorial yang lebih detail tentang prosesnya.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki - RCS

Telegram & Discord

Jika Anda menginginkan aplikasi untuk perpesanan yang lebih baik, Anda dapat melampaui RCS dan SMS biasa. Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan favorit kami dan berfungsi sangat mirip dengan WhatsApp yang sangat populer. Tidak seperti aplikasi itu, Telegram bekerja dengan mudah di beberapa smartphone atau tablet sekaligus dan mencadangkan semua pesan Anda secara otomatis. Plus, semuanya masih dienkripsi secara end-to-end dan Anda memiliki panggilan suara dan video yang tersedia.

Discord adalah alternatif perpesanan hebat lainnya. Discord menawarkan pesan pribadi serta “server” untuk menampung beberapa atau ratusan teman, semuanya dengan ruang dan admin obrolan. Itu adalah pengalaman yang luar biasa, dan yang sangat luar biasa bagi para gamer.

Tetap Terhubung Selama Pandemi

Google Duo

2020 telah menjadi tahun yang gila, tapi sayangnya kita memasuki tahun 2021 dengan masih adanya pandemi. Dengan mengingat hal itu, aplikasi panggilan video masih menjadi salah satu cara terbaik dan teraman untuk tetap berhubungan dengan orang yang dicintai.

Salah satu aplikasi Android terbaik untuk panggilan video adalah Google Duo. Aplikasi yang sepenuhnya gratis membuatnya sangat mudah untuk memulai panggilan video di ponsel dan tablet Android serta Chromebook, komputer, dan bahkan perangkat iOS. Anggap saja sebagai Apple’s Facetime, tetapi tidak terkunci pada satu ekosistem. Aplikasi ini bekerja dengan nomor telepon atau alamat email Anda dan menampilkan filter menyenangkan dan bahkan berbagi layar di beberapa perangkat. Namun, fitur terbaiknya, mungkin seberapa baik kerjanya pada koneksi yang kurang ideal.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki - Google Duo

Zoom

Salah satu alat panggilan / konferensi video paling populer selama pandemi sejauh ini adalah Zoom. Berdasarkan popularitasnya saja, ini adalah aplikasi yang harus Anda instal. Layanan ini menawarkan pertemuan yang dapat Anda hubungkan hanya dengan tautan atau kata sandi. Sangat mudah terhubung dengan orang yang Anda cintai, teman, atau menggunakannya untuk pertemuan bisnis. Banyak sekolah juga menggunakan Zoom untuk pembelajaran jarak jauh. Ini adalah aplikasi yang kuat, dan yang tidak akan dikenakan biaya apa pun kecuali Anda yang menghostingnya.

Google Meet, Skype, Facebook Messenger

Aplikasi hebat lainnya untuk panggilan video mulai tahun 2021 meliputi:

  • Google Meet, aplikasi yang bekerja sangat mirip dengan Zoom tetapi dilampirkan ke akun Google Anda dan sangat populer terutama di sekolah.
  • Skype, salah satu aplikasi panggilan video asli yang masih berfungsi dengan baik terutama untuk teman dan keluarga.
  • Facebook Messenger, layanan yang saat ini digunakan banyak orang di AS dan memiliki opsi panggilan video yang sangat baik di samping fitur perpesanannya.

Cadangkan foto dan video Anda

Google Photos

Salah satu hal pertama yang harus Anda instal di smartphone Android baru – atau iPhone dalam hal ini – adalah Foto Google. Untuk sebagian besar pengguna Android, aplikasi tersebut akan terpasang sebelumnya pada perangkat Anda, tetapi Anda masih perlu menyiapkan semuanya.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki - Google Photos

Untuk melakukan itu, cukup buka aplikasi, masuk dengan akun Google pilihan Anda, dan tentukan opsi cadangan. Foto akan secara otomatis mencadangkan gambar dan video Anda di latar belakang, tetapi Anda harus memberi tahu jika Anda ingin melakukannya melalui Wi-Fi saja atau pada data seluler juga.

Dari sana, Anda hanya perlu memutuskan kualitas. Selama beberapa bulan ke depan, semuanya di-backup ke Google Foto tanpa batasan untuk backup “berkualitas tinggi”, yang sedikit dikompresi, tetapi pada bulan Juni Anda memerlukan langganan Google One untuk menyimpan data yang melebihi 15 GB.

Jika Anda ingin mencadangkan foto Anda di luar Google, salah satu opsi terbaik adalah Foto Amazon yang menyediakan cadangan tanpa embel-embel dan, untuk pelanggan Perdana, penyimpanan tak terbatas untuk foto.

Baca Juga:

Upgrade Keyboard Anda

Gboard

Keyboard yang sudah terpasang sebelumnya di banyak ponsel cerdas Android terpopuler saat ini, yah, tidak bagus. Kami memiliki keraguan khusus tentang LG pada khususnya, tetapi bagaimanapun, Anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur dan dalam banyak kasus fungsionalitas yang lebih baik dari keyboard yang berbeda.

Pilihan teratas kami? Gboard milik Google. Keyboard ini memiliki tata letak bagus yang nyaman untuk pengetik dari semua gaya dan mendukung fitur seperti ketikan isyarat / gesek, penelusuran dan masukan GIF, dan banyak lagi. Bahkan ada fitur unik seperti penambahan “Dapur Emoji” baru-baru ini yang dapat membuat stiker emoji aneh dengan cepat. Anda juga dapat menentukan tema Gboard sesuai keinginan Anda.

Sederhananya, ini adalah keyboard luar biasa yang benar-benar gratis dan, jika belum ada di ponsel Anda, itu adalah salah satu yang harus Anda coba.

SwiftKey

Jika Gboard bukan gaya Anda, ada opsi bagus lainnya di Play Store di SwiftKey. Keyboard pihak ketiga ini telah menjadi salah satu aplikasi Android paling populer sejak toko aplikasi platform adalah sesuatu. Baru-baru ini diakuisisi oleh Microsoft, aplikasi ini menawarkan pengetikan isyarat yang sangat baik dan menampilkan trik belajar yang rapi dan beradaptasi dengan gaya pengetikan Anda dan juga kesalahan ejaan Anda. SwiftKey mendukung lebih dari 400 bahasa dan gratis.

Jangan sampai kehilangan ponsel atau data Anda

Find My Device

Berikut aplikasi lain yang seharusnya sudah terpasang di semua ponsel pintar Android baru. “Temukan Perangkat Saya” adalah aplikasi Google yang dirancang untuk membantu Anda melacak ponsel cerdas Anda jika salah tempat. Jika aplikasi tidak diinstal pada perangkat Anda karena alasan tertentu, aplikasi itu tersedia melalui Play Store.

Saat Anda membuka Temukan Perangkat Saya, Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google dan memasukkan sandi Anda juga. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat perangkat Anda serta perangkat lain yang terpasang ke akun Anda. Anda kemudian dapat menderingkan, mengunci, atau menghapus perangkat apa pun di akun Anda. Hal yang sama berlaku untuk ponsel baru Anda juga dari perangkat Android lain yang Anda miliki, ponsel Android teman, atau bahkan hanya browser web. Sebagai catatan tambahan, fungsi inti untuk benar-benar menemukan ponsel Anda dengan aplikasi ini aktif secara default di Layanan Google Play, tetapi dengan menggunakan aplikasi Anda akan mendapatkan sedikit lebih banyak kontrol serta dapat menemukan perangkat Android Anda yang lain melalui aplikasi serta membantu teman menemukan ponsel mereka.

Google One

Jika Anda kehilangan atau merusak ponsel, Anda tidak perlu kehilangan data Anda. Di situlah Google One berguna. Dengan paket penyimpanan Google One apa pun (mulai dari $ 2 / bulan), Anda akan mendapatkan cadangan ponsel yang lebih baik. Secara default, Android sudah mencadangkan data inti secara gratis ke akun Google Anda, tetapi aplikasi One dapat mencadangkan pesan SMS dan pesan MMS bersama dengan foto dan video Anda.

Pantau Kesehatan Digital Anda

ActionDash

Terakhir, mari kita bahas tentang kebiasaan ponsel cerdas. Bagi banyak orang, kecanduan ponsel cerdas adalah masalah nyata dan memasuki dekade baru, ada cara untuk membantu mengekangnya – aplikasi Kesejahteraan Digital. Mungkin sudah ada yang terinstal di perangkat Anda, tetapi jika tidak, ActionDash adalah aplikasi Digital Wellbeing gratis untuk ponsel Android yang berfungsi di hampir semua perangkat. Aplikasi ini melacak cara Anda menggunakan ponsel sepanjang hari termasuk aplikasi mana yang digunakan, berapa kali Anda membuka kunci perangkat, dan bahkan berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan.

Untuk membantu mengekang penggunaan ponsel cerdas Anda, ActionDash menawarkan alat seperti menjeda aplikasi agar Anda tidak menggunakannya, membatasi berapa lama aplikasi dapat digunakan setiap hari dan banyak lagi. Semuanya dilakukan di perangkat dan tidak diunggah ke awan dan, lebih baik lagi, aplikasinya gratis dan tidak akan merusak baterai Anda. ActionDash tersedia di Google Play.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki - ActionDash

Eksperimen Kesehatan Digital Google

Jika Anda benar-benar memiliki kecanduan ponsel cerdas dan ingin menemukan cara untuk membuat diri Anda sendiri berhenti, kumpulan eksperimen Kesehatan Digital Google mungkin dapat membantu. Ini termasuk:

  • Screen Stopwatch, wallpaper yang terus diperbarui dengan lamanya Anda menggunakan ponsel hari itu.
  • Gelembung Aktivitas, wallpaper yang menunjukkan berapa kali Anda membuka kunci ponsel dalam sehari dan berapa lama setiap “sesi” berlangsung.
  • Buka kunci Jam, wallpaper yang menghitung berapa kali Anda membuka ponsel setiap hari.

Aplikasi Pencatat terbaik untuk Android

Google Keep Notes

Melacak pengingat, daftar, dan lainnya dapat dibuat jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi pencatatan. Secara pribadi, aplikasi pencatatan favorit saya di Android adalah Google Keep Notes dan itu adalah sesuatu yang sepertinya terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Google Keep sepenuhnya gratis dan memungkinkan Anda menyimpan catatan, daftar, dan bahkan gambar di aplikasi. Catatan itu juga tersinkron dengan akun Google Anda yang berarti Anda dapat mengaksesnya di perangkat lain termasuk komputer. Dengan penyiapan cepat, Anda bahkan dapat menggunakan speaker Asisten Google seperti Nest Mini untuk mengelola daftar belanja!

Microsoft OneNote

Jika Anda menginginkan sesuatu yang bukan dari Google dan memiliki beberapa fitur lanjutan lainnya, Microsoft OneNote adalah pilihan yang sangat baik. Aplikasi ini sepenuhnya gratis, meskipun berfungsi lebih baik dengan aplikasi Microsoft lainnya yang menggunakan langganan Microsoft 365. Anda dapat mencadangkan catatan, gambar, dan menyisipkan gambar di aplikasi dan, seperti aplikasi Google, semuanya akan disinkronkan di seluruh perangkat dengan akun Microsoft Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Kami mendeteksi adanya AdBlock yang aktif pada browser Anda. Website ini tidak bisa aktif tanpa adanya iklan, oleh karena itu Anda bisa mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlock Anda. Terima kasih