Apakah Zoom Berbahaya? Tips Aman Pakai Zoom

Apakah Zoom Berbahaya? – Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Zoom telah menambahkan fitur baru. Fitur keamanan yang telah Zoom tambahkan pada aplikasinya yaitu autentikasi 2 faktor (2FA). Fitur ini membantu admin untuk melindungi pengguna dan mencegah pelanggaran pada platformnya.

Dalam situs resminya, Zoom mengatakan fitur autentikasi ini akan mengidentifikasi pengguna daring dengan meminta bukti atau kredensial yang mengautentikasi kepemilikan akunnya. Autentikasi tersebut dapat berupa password atau pin, bisa juga sesuatu yang pengguna miliki, seperti sidik jari atau suara.

Zoom¬†2FA dalam platform komunikasi terpadu kami menyediakan cara yang aman untuk memvalidasi pengguna dan melindungi dari pelanggaran keamanan dan memberikan sejumlah manfaat,” tulis¬†Zoom.

Dengan 2FA, organisasi dapat mengurangi risiko pencurian identitas. Selain itu 2FA juga membantu organisasi memenuhi kewajiban untuk melindungi data sensitif dan informasi pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih untuk menggunakan aplikasi autentikasi yang mendukung protokol time based atau One Time Password (OTP). Kamu bisa memilih layanan OTP sendiri seperti Google Authenticator, Microsoft Authenticator atau layanan lainnya. Kamu juga bisa meminta Zoom untuk mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon, sebagai faktor kedua untuk proses autentikasi akun mereka.

Cara Mengaktifkan Autentikasi 2 Faktor pada Zoom

Gambar Halaman Depan Zoom

Zoom menawarkan berbagai macam cara autentikasi seperti SAML, Oauth, dan/atau autentikasi berbasis kata sandi. Fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan satu per satu dari akun mereka.

Untuk mengaktifkan 2FA Zoom pada tingkat akun untuk autentikasi berbasis kata sandi, admin akun harus mengambil langkah-langkah berikut.

Masuk ke dashboard Zoom. Lalu pada menu navigasi, klik Lanjutan, lalu pilih Keamanan. Pastikan opsi Masuk dengan Autentikasi Dua Faktor sudah aktifkan.

Pilih salah satu opsi berikut untuk mengaktifkan 2FA untuk:

  1. Semua pengguna pada akun Anda: Aktifkan 2FA untuk semua pengguna.
  2. Pengguna dengan peran khusus: Aktifkan 2FA untuk peran dengan peran tertentu, klik pilih peran yang ditentukan, pilih peran, lalu klik OK.
  3. Pengguna yang termasuk dalam grup tertentu: Aktifkan 2FA untuk pengguna yang ada pada grup tertentu. Klik ikon pensil, pilih grup, lalu klik OK.

Klik Simpan untuk mengonfirmasi pengaturan 2FA Anda.

Jadi, Apakah Zoom ini berbahaya? Pastikan fitur ini aktif pada akun milikmu, sehingga akun milikmu lebih aman pastinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: