Jumat, 12 Juli 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi jurusan


Pengembangan dan penerapan teknologi modern yang ditunjukkan pada pemilihan teknologi efisien untuk menambah efisiensi dan produktivitas kerja adalahsalah satu sumber kekuatan utama dalam pengamalan pembangunan. Kebijaksanaan pembangunan industri untuk membuat stuktur ekonomi dengan menitikberatkan industri yang maju didukung oleh sektor pertanian yang tangguh, adalahsarana pembuatan perkembangan pembangunan yang lebih baik.

Pembangunan industri mesti dapat menciptakan industri menjadi lebih tepat guna dan peranannya di dalam perekonomian nasional kian meningkat. Baik segi nilai tambah maupun ekspansi lapangan kerja. Sejalan dengan pertumbuhan industrialisasi yang memerlukan pelbagai teknologi tersebut membutuhkan tenaga berpengalaman dalam bidang teknik, tergolong bidang teknologi industri. Peran edukasi serta pembaharuan tata nilai masyarakat sangat urgen sebagai sarana penunjang.

Kuliah di Fakultas Teknologi Industri Unissula, Kamu Bisa Belajar Robotik hingga IT

Teknologi Informasi - Fakultas Teknologi Industri Unissula sudah dikenal secara nasional sebab mempunyai prestasi robotik yang paling mentereng dalam nyaris semua lomba robotik sah di lingkup regional dan nasional. Dominasi robotik Fakultas Teknologi Industri Unissula bahkan pernah sukses menembus persaingan internasional di Amerika Serikat dengan menjadi Juara umum Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest pada 2-3 April 2016 di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center di kota Hartford.

Fakultas yang mempunyai kerjasama luas di tingkat internasional tersebut ketika ini menawarkan tiga prodi unggulan antara lain:

1. Prodi S1 Teknik Elektro

Teknik Elektro ialah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang bersangkutan dengan tingkah laku elektron sebagai pembawa informasi. Termasuk di dalamnya ialah elektonika, listrik dan komputer. Disiplin ilmu ini mempelajari teknologi perancangan sebuah sistem maupun sub sistem yang memakai piranti elektronis sehingga berfungsi untuk menolong pekerjaan-pekerjaan yang sulit dilaksanakan manusia.

Disiplin ilmu ini tergolong ilmu yang sangat menantang dalam menghadapi pertumbuhan teknologi tinggi yang sedemikian pesat perkembangannya. Jurusan Teknik Elektro Unissula dimaksudkan guna mencetak sarjana yang memiliki kemahiran dan keilmuan yang tinggi dengan diadasari jati diri yang baik. Selain tersebut para lulusan diinginkan memiliki keterampilan bekerja ataupun melanjutkan edukasi ke jenjang yang lebih tinggi serta punya semangat tinggi guna senantiasa mengembangkan dan mengembangkan keilmuan yang sudah dimiliki. Prodi ini mempunyai dua jurusan yaitu Teknik Tenaga Listrik dan Teknik Elektronika Kendali.

2. Prodi S1 Teknik Informatika

Teknik Informatika adalahjurusan yang memberikan cerminan yang menyeluruh mengenai teknologi informasi modern melewati kurikulum yang sudah disusun. Persiapan untuk para mahasiswa guna masuk dalam lingkungan kerja atau guna studi lanjut dibuka sejak awal. Program ini meluangkan mata kuliah-mata kuliah inti yang diperlukan oleh mahasiswa guna dapat memahami tentang teknologi informasi dan mendorong mahasiswa guna mempunyai spesialisasi cocok dengan bidang yang diminati, laksana pada multimedia, distributed system
dan telematika.

Program studi ini pun memiliki ciri khas yang bercakupan luas, pemungutan mata kuliah yang fleksibel, kualitas pengajaran dan praktek yang didukung oleh laboratorium yang lengkap. Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti laksana matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan beda sebagainya. Para mahasiswa pun dapat mempelajari mata kuliah opsi lanjut, seperti contohnya e-commerce, aplikasi engineering, multimedia, network security, dan beda sebagainya.

3. Prodi S1 Teknik Industri

Pada prodi S1 Teknik Industri Unissula semua mahasiswanya dibekali sekian banyak  ilmu pengetahuan sampai-sampai lulusannya bisa menjadi tenaga berpengalaman yang terampil dalam mengelola sistem buatan atau sistem industri yang melibatkan komponen-komponen manusia, material, mesin/fasiltas buatan lainnya, energi dan informasi secara integral.

Keunggulan:
 Fakultas Teknologi Industri mempunyai tim robotik yang disusun sejak 2006 dan telah sukses menjadi juara diberbagai persaingan regional, nasional dan internasional
 Juara umum kontes robot international dalam ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest pada 2-3 April 2016 di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center Hartford, Amerika Serikat
 Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 11- 14 Juni 2015.
 Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan yang dilangsungkan di UGM pada 13 Mei 2017
 Memiliki kesebelasan kincir angin yang pada mula pembentukannya telah menjadi 10 besar terbaik tingkat Nasional

 Memiliki mobil ramah lingkungan yakni Mobil Hybrid dan dinyatakan oleh Musium Rekor Indonesia (MURI)
 Memiliki jaringan kerjasama internasional yang secara berkelanjutan masing-masing tahunnya dapat mengantarkan mahasisiwanya mengekor pertukaran mahasiswa dengan sekian banyak  universitas di Korea, Belanda, Malaysia, Brunai Darussalam, Pakistan dll


Fasilitas
 Ruang ruang belajar yang representative
 Ruang studio radio dan televisi
 Ruang display inovasi dosen dan mahasiswa
 Ruang Robot
 Laboratorium miniatur produksi
 Laboratorium Dasar dan Pengukuran,
 Laboratorium Mikrokontroler
 Laboratorium Tenaga
 Laboratorium Informatika
 Laboratorium Sipo (Statistik dan Optimasi)
 Myongji University Korea Selatan guna program student exchange, dual degree, dan research
 International Islamic University Malaysia dalam program student exchange
 International Islamic University Islamabad Pakistan dalam bidang pendidikan, karya ilmiah, dan beasiswa
 Dongseo University dalam program student exchange dan research
 Institute of Advanced Engineering and Science Indonesia-Section (IAES) di bidang riset dan pengembangan iptek
 Albaha University dalam bidang riset dan pengembangan iptek



Prospek Lulusan
1. Dapat menjadi wirausahawan muda di bidang kiat elektro, industri IT kreatif, kiat industri dan kiat komputer.
2. Menjadi alumni profesional di bidang elektro arus powerful sehingga dapat bekerja di bidangnya, laksana di bidang pembangkit listrik dan lainnya.
3. Menjadi alumni yang profesional di bidang arus lemah, contohnya lulusan yang dapat bekerja di instansi dan industri pada bidang kendali/kontrol dan telekomunikasi.
4. Menjadi alumni yang profesional di bidang industri, baik industr kecil, menengah maupun besar
5. Profesional di bidang informatika dan komputer, baik dalam sistem informasi
maupun rekayasa perlengkapan lunak


0 komentar:

Posting Komentar