Jumat, 12 Juli 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi perpustakaan


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara berupaya untuk membalas tantangan keberadaan perpustakaan di tengah era Digital. Berbagai pembenahan dan penyesuaian-penyesuaian untuk mengekor perkembangan teknologi dan zaman yang makin praktis, efisien, dan serba cepat terus disesuaikan.


Amandemen tersebut diimplementasikan dari mendaftarkan keanggotaan online, menyediakan katalog buku yang dapat diakses online, memindai file dan menyediakan perangkat lunak Android dari Perpustakaan Provinsi.


Teknologi Informasi - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut, Halen Purba menuliskan pembenahan ini dilaksanakan sebagai format semangat sekaligus rasa optimis dalam memandang isu melemahnya faedah perpustakaan di tengah gempuran era digital. Sehingga diinginkan Perpustakaan bakal tetap hidup dan diperlukan oleh masyarakat.

Dikatakannya, Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut berupaya mewujudkan tujuan ketiga yang dipermaklumkan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yaitu mewujudkan Sumut yang bermartabat dalam pendidikan, yaitu mewujudkan masyarakat yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolabortif, berdaya saing dan mandiri.

“Di sini kami memfasilitasi masyarakat untuk mendapat  akses terhadap informasi tergolong buku, lantas ada pun program-program dan kegiatan literasi yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut,” ujar Halen Purba.


Di lokasi yang sama, Kepala Seksi Layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut, Juliani Tarigan mengatakan, Perpustakaan Provinsi Sumut telah mengerjakan kemajuan-kemajuan pada aspek digital terutama dalam urusan pelayanan. Melalui situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang dapat diakses di alamat disperpusip.sumutprov.go.id, masyarakat dapat menikmati sekian banyak  kemudahan tanpa mesti datang langsung ke perpustakaan.

“Banyak buku-buku anda yang sudah dapat diakses melewati layanan website. Bahkan, mereka juga dapat membaca melalui software android kepunyaan kita. Syaratnya, tentu telah harus meregistrasi jadi anggota. Syarat meregistrasi menjadi anggota pun tidaklah sulit. Bisa susunan sendiri secara daring atau datang langsung ke perpustakaan. Tidak hingga lima menit, isi data lantas foto, kartu perpustakaan kamu langsung dicetak. Langsung jadi,” jelasnya.


Tim Humas Sumut dalam kesempatan tersebut langsung mengupayakan mendaftar dan menciptakan kartu keanggotaan. Dibimbing mengarah ke komputer yang disediakan untuk pengunjung, proses pendaftaran dilangsungkan hanya sebentar dan paling mudah. Cukup memenuhi informasi data pribadi melewati komputer untuk mendapat  nomor keanggotaan, lantas dilanjutkan dengan berfoto dan cetak kartu. Selesai dan siap digunakan langsung untuk mengerjakan peminjaman yaitu maksimal dua kitab untuk satu kali peminjaman.

Berbagai fasilitas lainnya pun telah disediakan sehingga diinginkan menjadi pemicu untuk masyarakat guna datang ke perpustakaan. Apalagi, Perpustakaan Provinsi senantiasa buka dan melayani masyarakat masing-masing hari. Bagi Senin sampai Jumat, Perpustakaan beroperasi semenjak pukul 08.00 WIB- 20.00 WIB. Sedangkan Sabtu- Minggu beroperasi pukul 09.00 WIB- 15.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar