Jumat, 28 Juni 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi sekarang sudah semakin canggih lawan kata canggih


Persaingan dalam teknologi komputer menjadi semakin sulit, terutama antara Amerika Serikat dan Cina untuk menciptakan apa yang disebut "komputer kuantum terpadu" di dunia, yang akan bekerja di semua teknik kerja komputer yang ada saat ini.

Ini disebutkan David Ignatius, wartawan dan penulis sejumlah kitab tentang teknologi dan intelijen. Bukunya yang teranyar berjudul The Quantum Spy. Untuk kitab ini, Ignatius menyelenggarakan riset berbulan-bulan dan mengunjungi sejumlah laboratorium yang sedang berjuang membuat komputer jenis baru itu.

Teknologi Informasi | teknologi informasi sekarang sudah semakin canggih lawan kata canggih

Teknologi Informasi - Buku ini ialah sebuah novel katanya, namun sepenuhnya didasarkan pada tingkat pertumbuhan teknologi yang terdapat sekarang. Jadi apakah yang dinamakan komputer kuantum itu?

Komputer yang terdapat sekarang memakai teknologi yang dinamakan bit, yakni unit terkecil dalam data komputer. Satu bit punya nilai satu atau nol, atau dalam istilah listrik “hidup” atau “mati.”

Teknologi yang paling sederhana ini sudah menjadi dasar komputer semenjak puluhan tahun, tergolong super komputer yang dipakai perusahaan-perusahaan besar untuk mengubah data dalam jumlah besar dan dalam masa-masa singkat.

Komputer elektronik jenis ini memakai transistor yang bermanfaat seperti kenop guna menghidupkan atau mematikan lampu.


Tapi kini ada teknik baru menjalankan komputer yang dinamakan “teknologi kuantum” atau quantum technology, yang memakai sistem qubit (kyubit). Qubit, singkatan dari kata quantum dan bit; namun bit dalam quantum punya nilai satu atau nol atau dua-duanya secara simultan. Kata David Ignatius, penulis kitab berjudul The Quantum Spy:

“Komputer kuantum bekerja dengan memakai qubit, yang walaupun kedengarannya aneh, punya nilai satu dan nol pada masa-masa yang bersamaan. Kalau anda gabungkan sebanyak qubits, anda akan dapat membuat komputer yang jauh lebih powerful dan cepat dari super komputer yang ada ketika ini.”

Kata David Ignatius lagi, permasalahan rumit yang memerlukan waktu pemrosesan ribuan tahun dengan memakai super komputer yang terdapat sekarang, akan dapat diselesaikan melulu dalam hitungan detik saja oleh komputer quantum.

“Kalau kita dapat membangun komputer quantum yang dapat membongkar seluruh sistem enkripsi, tersebut berarti anda akan dapat mengetahui seluruh dokumen, informasi dan pesan-pesan sangat rahasia kepunyaan lawan.”


Karena itu, siapapun yang dapat membuat komputer seperti tersebut akan mempunyai alat yang secara potensial dapat mengganti segala norma yang ada.

Kata David Ignatius untuk jaringan televisi C-span, komputer quantum juga dapat digunakan guna maksud-maksud damai laksana pengembangan obat-obat baru atau bahan-bahan konstruksi baru yang memerlukan perhitungan komputer yang rumit.

Jadi kapan kira-kira komputer baru tersebut akan siap masuk ke pasar umum?

“Dulu tidak sedikit orang mengatakan, barangkali masih dibutuhkan 20 tahun lagi. Tapi belakangan ini terdapat yang mengatakan, barangkali 10 tahun lagi, dan perkiraan sangat baru mengindikasikan komputer quantum tersebut akan dapat dibeli dalam masa-masa lima tahun lagi.”


0 komentar:

Posting Komentar