Kamis, 13 Juni 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi indonesia raya


Semakin tidak sedikit komunitas umat Muslim yang mengadopsi teknologi guna melakukan pelbagai tradisi dengan teknik yang lebih modern. Salah satunya dalam menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Survei Facebook mengindikasikan bahwa 83% narasumber setuju bahwa ponsel menolong mereka guna menjalankan ibadah sekitar bulan Ramadhan. Mayoritas narasumber (93%) pun sepakat bahwa perlengkapan mobile menolong mereka guna tetap terhubung dengan rekan dan keluarga sekitar bulan suci. 89% responden pun sepakat bahwa tetap terhubung tersebut sangat penting supaya mereka bisa menerima informasi terkini sekitar Ramadhan.


Teknologi Informasi - Facebook menunjuk Kantar untuk menyelenggarakan riset kuantitatif online di Indonesia, Turki, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Mesir, Pakistan, Inggris, Prancis, dan Nigeria untuk mengetahui bagaimana orang merayakan bulan Ramadhan dan perubahan kegiatan harian mereka. Riset ini dilaksanakan pada April 2019 dan melibatkan 951 narasumber dari Indonesia.

- Advertisement -

Mayoritas narasumber dari Indonesia (98%) setuju bahwa Ramadhan ialah momen yang lebih penting dikomparasikan perayaan lainnya, dengan 96% responden berasumsi bahwa Ramadhan ialah waktu guna introspeksi diri dan berkumpul bareng komunitas.

Sejalan dengan konsentrasi dalam urusan spiritualitas, survei mengindikasikan bahwa Ramadan pun mempunyai sisi sosial yang urgen – 93% narasumber setuju bahwa Ramadhan adalahmomen untuk menguras waktu bareng teman dan keluarga. Hal ini tampak dari teknik masyarakat Indonesia memakai media sosial sekitar Ramadhan.

Sementara itu, 96% dari masyarakat Indonesia menuliskan bahwa mereka mengandalkan Facebook Family of Apps sekitar Ramadhan, dengan 85% responden menuliskan WhatsApp sebagai sosial media kesayangan mereka. Terhubung dengan kerabat dan family adalah salah satu dalil utama guna mengakses layanan Facebook sekitar Ramadan, dibuntuti dengan mencari sekian banyak  konten berhubungan Ramadhan, mulai dari bergabung bareng grup doa di WhatsApp sampai berbagi kutipan religi dan khotbah melewati Messenger.

Baca Juga: Soal Kemaritiman, Ikatek dan Civitas Akademika Fakultas Teknik Unhas Dialog Interaktif ! Ini Dibahas?

Survei ini pun menunjukkan tingkat melakukan pembelian barang selama Ramadan yang berfokus pada makanan, pakaian, wisata dan keperluan rumah tangga. Tujuh puluh empat persen narasumber setuju bahwa Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk merasakan makanan favorit, 70% menuliskan ini adalahwaktu yang tepat guna mendapatkan promo terbaik dan 64% setuju bahwa ini adalah momen untuk memakai busana yang disukai. 84% dari responden menuliskan mereka bepergian sekitar Ramadan tahun lalu, dan mayoritas dari mereka melakukannya jauh-jauh hari.

Sepertiga dari responden menguras waktu yang sama atau lebih lama sekitar bulan Ramadhan untuk menggali barang yang bakal dibeli. 63% dari responden menuliskan mereka memakai Facebook dan Instagram untuk menggali pakaian dan busana, serta 45% dari mereka yang sering berwisata memakai Facebook dan Instagram guna merencanakan perjalanan.

Konsumen Muslim paling terbuka guna berkomunikasi dengan merek melewati Facebook Family of Apps. Berdasarkan survei, 58% memilih Whatsapp sebagai drainase komunikasi dengan 50% dari mereka tersingkap untuk berkomunikasi melewati Instagram, dan 41% tersingkap untuk dicapai melalui Facebook.

“Inti dari momen Ramadhan ialah waktu untuk menambah elemen spiritualitas dan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang saling terhubung dengan teknologi untuk menyokong ibadah mereka sekitar bulan suci ini. Momen ini pun mempunyai sisi sosial yang urgen dan brand  mempunyai peluang untuk membuat koneksi yang lebih berarti dengan target pasar melewati konten yang berisi inspirasi dan relevan,” kata Juru Bicara Facebook.

0 komentar:

Posting Komentar