Rabu, 12 Juni 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi fakultas


Panitia pelaksana Halal Bi Halal dan Reuni Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin mengadakan dialog lulusan dan civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) di Center of Technology (COT) Kampus Teknik Unhas Gowa, Sabtu 8 Juni 2019.

Dialog ini yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unhas, Dr Ir Muhammad Arsyad MT dan perwakilan Ikatan Alumni Teknik Unhas (Ikatek Unhas) Ir Muhammad Sapri Pamulu MEng PhD dilangsungkan sangat interaktif.

Diawali dengan Ketua Panitia Pelaksana HBH Nasional Ikatek Unhas 2019, Ir Anwar Mattawape yang menyerahkan update mengenai industri galangan perkapalan di Kawasan Indonesia unsur timur (KTI).


Teknologi Informasi - “Jumlah galangan kapal di KTI melulu 12 persen dari total jumlah galangan kapal di Indonesia dan di Sulsel sendiri kita melulu punya PT IKIsementara di Sulawesi Utara mereka punya 2-3 galangan kapal," papar Anwar, alumnus Teknik Perkapalan Unhas ini.

"Melihat arus lalulintas di Selat Makassar yang dilalui oleh lebih dari 30 ribu kapal masing-masing tahunnya, membuka kesempatan besar untuklulusan Unhas membuka sejumlah galangan kapal lagi di Sulsel ini,” jelasnya.

Baca: Brigata Curva Sud di Era Revolusi Industri 4.0

Sementara itu, Dr Ir Muhammad Arsyad menambahkan bahwa Fakultas Teknik Unhas akan memungut peran strategis di dalam menegakkan Science Technopark untuk menyokong industri perkapalan ini.

Pengurus Ikatek Unhas ketika silaturahmi di kampus Teknik Unhas, susunan HBH Ikatek Unhas 2019 di Kampus Teknik Unhas Gowa, Sabtu (8/6/2019)
Pengurus Ikatek Unhas ketika silaturahmi di kampus Teknik Unhas, susunan HBH Ikatek Unhas 2019 di Kampus Teknik Unhas Gowa, Sabtu (8/6/2019) (dok hbh ikatek unhas 2019)
Science Techno Park (STP) adalahsalah satu format wadah guna menghubungkan institusi perguruan tinggi dengan dunia industri.

Definisi dari Technopark atau Sciencepark ialah suatu area terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat penelitian dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan wilayah dalam satu tempat yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebihtepat guna dan cepat.


Sinergi dan Kolaborasi

Lalu Ir Sapri Pamulu PhD sebagai perwakilan lulusan menyampaikan bahwadiperlukan sinergi dan kolaborasi rapi antara lulusan dan pihak civitas akademika FT Unhas guna mewujudkan industri kemaritiman di Sulsel yang terintegrasi.

0 komentar:

Posting Komentar