Senin, 27 Mei 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi 5g aman dan luar biasa


Perkembangan jaringan mobile ketika ini mulai menginjak era 5G. Berbeda dengan jaringan 4G, generasi baru ini diklaim dapat mencatat kecepatan sampai 10 kali lebih cepat dari 4G dan latensi yang semakin rendah.



Teknologi Informasi - Dua urusan ini menjadi salah satu dalil yang menciptakan pemanfaatan 5G menjadi lebih luas. Tak melulu itu, andai pemanfaatan 4G ada guna mendorong adopsi ponsel dan akses internet, potensi implementasi 5G malah lebih spesifik dan luas.

Salah satu diantaranya yang menjadi konsentrasi 5G ialah industri 4.0 berbasis kecerdasan produksi (artificial intelligence/ AI) dan robotik. President Qualcomm Incorporated Cristian Amon mengungkapkan keterampilan 5G akan menciptakan pengembangan teknologi segalanya. 

"Kemampuan mobile bakal berkembang jauh lebih luas. Jika sebelumnya pengembangan ini baru rencana. Sekarang semuanya sudah di depan mata. Transformasi 5G bakal membawatidak sedikit solusi dengan teknologi," ujarnya dalam gelaran Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol.

Amon menambahkan penyebaran teknologi 5G pun bakal terjadi jauh lebih cepat dari 4G. Dia mengungkapkan sekian banyak  pemanfaatan yang signifikan bakal terjadi di semua dunia dengan 5G. 



Salah satunya guna pemanfaatan gadget lebih maksimal.
"Memasuki era 5G anda akan melihat tidak sedikit gadget yang 'luar biasa'. Penggunaan ponsel pintar bakal meluas menjadi 'tidak melulu sekadar smartphone'. Tapi lebih dari itu. Salah satunya yang baru diberitahukan Samsung sejumlah hari lalu, ponsel layar lipat," ungkapnya.

Ponsel layar lipat yang dikenalkan Samsung sendiri memungkinkan pemakai memakai tiga tab dalam masa-masa yang bersamaan.
Amon mengungkap dari Qualcomm sendiri telah mengenalkan cipset teranyar untuk 5G yaitu Snapdragon 855. Kemampuan cipset ini bakal memiliki sokongan Qualcomm Artificial Intelligence (AI) Engine.


Dengan begitu, nantinya perlengkapan mobile dapat memaksimalkan penyebaran fitur yang menyokong perangkat AI yang mulus dan unik di perlengkapan Android.
Sepanjang gelaran MWC 2019, sekian banyak  contoh implementasi 5G sudah dihadirkan mulai dari Extended Reality, robotik sampai mobil otomasi. Sebagian dari demo yangdiperlihatkan telah siap untuk diciptakan masif sambil menantikan ekosistem 5G perlahan guna siap.

Mobil otonom bakal menjadi di antara yang paling ditelusuri dalam era 5G. Pasalnya,ketika ini implementasi mobil otonom masih belum berlangsung sempurna dengan teknologi 4G.

Teknologi mobil otonom memerlukan latensi yang rendah sampai-sampai era 5G dinilai menjadi penyelesaian mobil otonom.

Industri 4.0 juga dinilai bakal menjadi 'sempurna' dengan 5G. Pasalnya, menurutpercobaan pemakaian robotik dalam pabrik akan menambah produktifitas dan menurunkankekeliruan dalam produksi.
"5G bakal menjadi masa mendatang dan ketika ini transformasi koneksi 5G menjadi yang utama," tutup Amon.


0 komentar:

Posting Komentar