Kamis, 16 Mei 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi terbaru saat ini


Microsoft diam-diam mengkonfirmasi kematian pemakaian kata sandi (password) pada Windows 10 minggu ini. Hal ini diungkap Manajer grup kesebelasan kripto, identitas dan otentikasi Microsoft, Yogesh Mehta. Dalam pengumumanya, Mehta menyinggung akanmenciptakan "800 juta orang yang memakai Windows 10 selangkah lebih dekat ke dunia tanpa kata sandi."

Mehta mengonfirmasi bila Windows 10 bakal sepenuhnya bergantung pada Windows Helloguna mengautentifikasi pemakai. Microsoft sendiri telah mengenalkan pembaruan Windows 10 pada Kamis (10/5). Dengan pembaruan ini, Windows Hello menjadi autentikator bersertifikat FIDO2.

FIDO2 ialah seperangkat standar yang memungkinkan login yang didukung oleh ketenteraman kriptografi powerful yang dikeluarkan oleh afiliasi standar ketenteraman autentifikasi dari FIDO (Fast Identity Online) Alliance. Badan ini bertujuan untuk menciptakan standar baru guna menggantikan kata sandi (password). Mereka harus menciptakan standartersingkap yang menjadi referensi untuk industri.


Teknologi Informasi -
Andrew Shikiar, CMO dari Aliansi FIDO, menuliskan bahwa "Microsoft sudah menjadipenyokong utama tujuan Aliansi FIDO guna menggerakkan dunia yang bukan lagi bergantung pada kata sandi."

Microsoft sendiri telah berjuang membuat pemakai tak tergantung dengan kata sandi sejakmengenalkan login dengan pemindai wajah Windows Hello pada 2015. Saat ini identifikasi pemakai, dapat lewat pengenalan wajah, pemindaian sidik jari, dan pemindaian iris mata.

"Windows Hello menyelesaikan sejumlah masalah: ketenteraman dan kenyamanan," jelas Patrick Moorhead, President and principal analyst dari Moor Insights & Strategy. "Kata kunci tradisional tidak aman dan susah diingat, sampai-sampai orang memilih guna menggunakan keyword yang mudah diprediksi atau menyebutkannya," lanjutnya sepertidiadukan Computer World. Sebelumnya, Microsoft pun mengenalkan pemakaian keyword lewat pola yang diciptakan pada gambar yang terpampang di layar Windows.

Baca Juga :  GoFood Jajal Fitur Baru, 'Review' Makanan dan Layanan Penjual

Dengan adanya sertifikasi FIDO2 guna Windows 10, apakah berarti menjadi lonceng kematianuntuk pemakaian kata sandi? Tidak juga. Dengan Microsoft tidak memakai sandi sama sekali bukan berarti pemakai Windows 10 tak tergantung pada kata kunci. Microsoft masih mendorong sekian banyak  pihak guna bermigrasi dari pemakaian kata kunci.

"Kami mendorong perusahaan dan developer perangkat empuk untuk mengadopsi strategiguna mencapai masa mendatang tanpa kata sandi dan mulai hari ini dengan mendukungpilihan kata sandi laksana Windows Hello," kata Mehta.
Meski demikian, ia mengakui guna mencapai masa mendatang tanpa keyword maka diperlukan, "solusi yang bisa dioperasikan dan bekerja di seluruh platform industri dan browser (peramban)."

Jake Moore, seorang spesialis ketenteraman di ESET, menyambut baik berita ini. "Mempertimbangkan sebanyak pelanggaran data yang sudah kita saksikan dalam sejumlah bulan terakhir," katanya, "senang menyaksikan perusahaan mengambil tahapan yangdibutuhkan untuk mengayomi pemakai mereka."

Namun, ia memperingatkan bahwa kata sandi bakal "masih menjadi fitur di latar belakang,"sampai-sampai pemakai mesti didorong guna "mengadopsi manajemen kata sandi yang lebih baik dan otentikasi multi-faktor untuk mengayomi data mereka andai informasi mereka masuk ke tangan yang salah," seperti diadukan Forbes. (eks/eks)

0 komentar:

Posting Komentar