Senin, 29 April 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi dan komunikasi wikipedia

Teknologi Informasi | Wikipedia Tak Lagi Gratis 
di Negara Berkembang



Teknologi Informasi - Wikimedia Foundation menghentikan program Wikipedia Zero yang menyerahkan layanan aksescuma-cuma ke website ensiklopedia Wikipedia melewati perangkat mobile. Keputusan itudipungut setelah melalui penilaian internal yang dilaksanakan Wikimedia Foundation.

Berakhirnya program Wikipedia Zero diberitahukan melalui website resmi Wikimedia. Adapun dalil dihentikannya program tersebut ialah kurangnya minat pemakai seluler mobile di luar area Amerika Selatan dan Eropa.

"Setelah melalui penilaian secara hati-hati, Wikimedia Foundation menyimpulkan untuk menghentikan jalinan kerja sama program Wikipedia Zero," ungkapnya dilansir detikINET dari halaman yang resmi, Senin (19/2/2018).

Program Wikipedia Zero disusun pada 2012 dengan destinasi untuk meluangkan akses secara cuma-cuma di negara-negara berkembang. Dalam pelaksanaanya, Wikimediaberkolaborasi dengan 97 operator seluler di 72 negara berkembang guna meluangkan aksescuma-cuma kepada 800 juta orang di dunia.

Baca Juga : Pekerja Stres, Pangeran William Buat Situs Kesehatan Mental

Sejak 2016, Wikimedia menyadari turunnya angka partisipasi pemakai seluler dalam program Wikipedia Zero. Mereka mengasumsikan hal ini dikarenakan evolusi di industri mobile dan harga layanan data seluler.

Berdasarkan daftar Wikipedia, Indonesia tergolong dalam program Wikipedia Zero yangdiselenggarakan oleh operator seluler XL Axiata pada 2013 silam.

Meski program Wikipedia Zero dihentikan, Wikimedia memempersiapkan kerja sama dan proyek baru untuk menambah tingkat ketertarikan masyarakat untuk Wikipedia lebih dari 30%.

"Di Nigeria kami berkolaborasi dengan anggota komunitas Nigeria dan bintang Nollywoodguna memperkenalkan untuk lebh dari 15 juta orang di sana apa tersebut Wikipedia dan bagaimana tersebut bekerja," ungkapnya. (rns/rou)

Baca Juga : Milestone Luncurkan E-Commerce Solusi IT

0 komentar:

Posting Komentar