Sabtu, 27 April 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi wikipedia

Teknologi Informasi | Berkat Google, Wikipedia Bakal 
Lebih Jago Macam-macam Bahasa


Teknologi Informasi -  Wikipedia punya misi buat pengetahuan lebih gampang terakses seluruh orang di dunia. Untuk tersebut Wikipedia inginkan memperbanyak tulisan dalam sekian banyak  bahasa, dengan menggandeng Google.

Hal ini dilaksanakan Wikipedia supaya artikel-artikelnya tak hanya dikonsumsi orang-orang yang paham Bahasa Inggris. Wikimedia Foundation, organisasi yang menjalankan Wikipedia, memberitahukan kerja sama dengan Google untuk memanfaatkan kemampuan penerjemah AI kepunyaan Google Translate.

Dilansir detikINET dari The Verge, Jumat (11/1/2019), Google Translate nantinya bakal terintegrasi ke dalam sistem penerjemah kepunyaan Wikipedia. Wikipedia sendiri telah memakai sistem penerjemah open-source Apertium yang kini telah menerjemahkan 400.000 artikel.

Sama laksana Apertium, Google Translate nantinya akan dipakai untuk menerjemahkan sebuah tulisan terlebih dahulu. Kemudian, hasil terjemahan itu akan dicek oleh seorang editor.

Editor Wikipedia yang bekerja secara sukarela disebut sudah meminta akses terhadap perangkat penerjemah laksana Google Translate semenjak lama. Google Translate dirasakan lebih andal sebab mengandalkan AI dan menguasai 15 bahasa lebih tidak sedikit dibanding Apertium.

Baca Juga : Ericsson Pamer Teknologi 5G di Jakarta

Bahasa-bahasa baru yang bakal tersedia sesudah integrasi Google Translate antara beda Zulu, Hausa, Kurdish (Kurmanji), dan Yoruba. Artikel di Wikipedia sendiri sudah tersedia dalam 300 bahasa.

Di samping itu, hasil terjemahan dari kerjasama ini nantinya bakal tersedia untuk publik dan bisa diakses dengan gratis. Artinya, penyedia layanan penerjemah open-source, laksana Apertium dapat menambah layanan mereka dengan database ini.

Kerjasama ini sendiri melulu berlaku untuk setahun dan bakal dievaluasi setelahnya. Wikipedia juga meyakinkan editor mereka bahwa data individu mereka tidak akan diberikan kepada Google.

Kerja sama ini sendiri adalahperpanjangan dari yang diberitahukan oleh Wikipedia dan Google bulan lalu. Saat tersebut Google mengumumkan akan membantu Wikipedia untuk menciptakan artikelnya lebih gampang diakses pemakai di Indonesia. Sebagai unsur dari kerjasama tersebut Google bakal menerjemahkan tulisan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan menimbulkan hasilnya di Google Search.

0 komentar:

Posting Komentar