Selasa, 23 April 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi mata kuliah

Teknologi Informasi | 4 Kampus yang Punya Jurusan 
Teknologi Informasi dengan Akreditasi A


Teknologi Informasi  - Di rumpun Teknik, jurusan Teknologi Informasi menjadi di antara yang popularitasnyamakin meningkat. Sebab kini, nyaris semua perusahaan memerlukan tenaga Teknologi Informasi dan menciptakan prospek karier untuk lulusannya makin menjanjikan.

Di samping masa depannya terjamin, memilih jurusan Teknologi Informasi yang mempunyai akreditasi A tentu dapat meningkatkan kesempatan untuk berlomba di dunia kerja. Soal akreditasi ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mempunyai daftarnya.

Penilaian akreditasi program studi atau jurusan ini mencakup tujuh faktor. Di antaranya: visi, misi, destinasi dan sasaran, serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan keadaan akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian untuk masyarakat dan kerjasama.

Penilaian akreditasi jurusan itu punya periode terbatas yakni sekitar lima tahun. Berikut universitas negeri dan swasta di Indonesia yang punya jurusan Teknologi Informasi dengan akreditasi A.
1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) mempunyai jurusan Teknologi Informasi terakreditasi Aguna program S1 dan S2. Bagi S1-nya mendapat akreditasi pada 2017 lalu sementara S2 Teknologi Informasi terakreditasi pada tahun ini.

Jurusan Teknologi Informasi di kampus ini tadinya lahir dari program studi Teknik Elektro. Kurikulum guna S1-nya mencakup rekayasa perlengkapan lunak, rekayasa sistem informasi, dan rekayasa sistem komputer.

2. Institut Teknologi Bandung

Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi di ITB adalahbagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika atau biasa disingkat STEI. Jurusan ini menemukan akreditasi A pada 2017 lalu.

Jurusan Teknologi Informasi di ITB konsentrasi membekali mahasiswa dengan mata kuliahlaksana Dasar Pemrograman, Sistem dan Arsitektur Komputer, Jaringan Komputer, hingga Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi.


3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) mempunyai jurusan Teknologi Informasi program magister yang terakreditasi A pada 2016 lalu. Program Magister Teknologi Informasi UI (MTI-UI) ini di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer.

Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang mesti ditamatkan minimal 40 SKS. Program MTI-UI dirancang guna dapat ditamatkan dalam masa-masa 3-4 semester.

4. Universitas Gunadarma

Dalam susunan BAN PT, Universitas Gunadarma menjadi satu-satunya kampus swasta yang punya jurusan Teknologi Informasi guna program pascasarjana Doktor terakreditasi A. Akreditasi ini diperoleh pada 2015 lalu.

Untuk S1-nya sendiri Universitas Gunadarma mempunyai Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Namun jurusannya melulu terdiri dari Sistem Komputer dan Sistem Informasi.

Baca Juga : Home Credit Indonesia Hadirkan Inovasi Pembiayaan Renovasi Rumah dan Fashion

0 komentar:

Posting Komentar