Minggu, 21 April 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi logistik

Teknologi Informasi | Trik TIKI hadapi 
disrupsi di bisnis logistik


Teknologi Informasi -  TIKI berbagi pandangan dan teknik menghadapi era disrupsi teknologi dalam mempertahankan keberadaan bisnisnya di industri jasa ekspedisi dengan menekankan pemanfaatan teknologi untuk menambah customer intimacy(mengedepankan keperluan dan kepentingan konsumen), product leadership (variasi dan inovasi produk & layanan) dan operational excellence (kualitas pelayanan terbaik dengan kapabilitas operasional yang mumpuni).
“Memasuki era digital dan revolusi industri ketika ini, jasa pengirimanmerasakan perubahan lanskap bisnis yang paling cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Munculnya e-commerce sudah memberdayakan konsumen, yang kini dapat menggali produk dari mana saja di dunia ataumencocokkan harga melulu melalui smartphone. Ketika konsumen menjadi lebih terbiasa dengan layanan digital, mereka bercita-cita untuk menerima kualitas dan fleksibilitas layanan yang sama dari industri lainnya. Tidak lagi cukup untuk perusahaan logistik untuk mengantarkan barang tepat waktu, mereka sekarang pun perlu menawarkan layanan multiplatform / berbasis digital guna mendekatkan perusahaan dan produknya dengan pelanggan," kata Sales & Marketing Director TIKI Rocky Nagoya untuk kalangan “Gen Z” di acara CEO Talk yang di Sampoerna University pada (10/4) lalu.
TIKI sudah lama mengembangkan inovasi layanan berbasis teknologi dan meyakinkan masing-masing titik kontak dengan pelanggan mulai dari drop offdan pemesanan layanan, perjalanan barang sampai sampai ke lokasi tujuan bisa diakses secara gampang dan transparan dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga : Wujudkan Good Governance,Benny Tatung Didukung Pemuda OKU

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) memungkinkan TIKI menambah produktivitas dan efisiensi dalam melayani keperluan pengiriman pelangan,menambah transparansi dan visibilitas barang kiriman yang lebih baik dan real time, dan mengerjakan analisa data yang lebih akurat untukpemungutan keputusan yang tepat sasaran.
“TIKI mengembangkan platform ekspedisi online terintegrasi yang bisa memetakan perjalanan konsumen dan menyerahkan kemudahaan transaksi untuk pelanggan melulu dalam satu software platform mulai dari menghitungongkos kiriman, mengerjakan pemesanan (booking) pemungutan barang kiriman (pick-up), serta mengerjakan pelacakan kedudukan kiriman secara real-time. Tidak melulu itu, dengan teknologi yang terintegrasi dan real-time, memungkinkan TIKI menyerahkan notifikasi / pemberitahuan untuk pelanggan sesaat sesudah paket kiriman mendarat di lokasi tujuan. Pelanggan dapat mendapat  detil informasi siapa penerima paket, pukul berapa diterima dan tanda tangan digital si penerima – menyerahkan kenyamanan lebih untuk pelanggan bertransaksi dengan TIKI,” ungkap Rocky.
Menurutnya, inovasi produk dan layanan berbasis teknologi menjadi pembeda TIKI di industri jasa ekspedisi dengan sejumlah layanan unggulan antarabeda JEMPOL(Jemput Online) yang memungkinkan pelanggan mengerjakan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI bakal datang menjemput barang kiriman di tempat yang diputuskan pelanggan tanpa dikenakan ongkos tambahan;software TIKIMobiledimana konsumen dapat memahami besaran ongkos kiriman, memahami kode pos, mengerjakan pemesanan dan mengerjakan pelacakan secara real timestatus barang kiriman dalam satu aplikasi; TIKI Online Booking(TOB) memungkinkan pelanggan mengerjakan pemesanaanmelewati website; dan SMS Notificationdimana TIKI secara proaktifmengantarkan notifikasi secara otomatis bersangkutan kedudukan kirimanuntuk pengirim dan penerima.
TIKI pun mempunyai layanan drive thru 24 jamdan drop-off 24 jamyangmenyerahkan fleksibilitas waktu untuk pelanggan dalam mengantarkan barang atau dokumen, serta kemudahan kemudahaan pembayaran melewati fasilitasCashlessdan Cash on Delivery.
“Kami mempunyai tenaga berpengalaman yang kompeten di bidang teknologi informasi dan bangga bahwa semua pengembangan teknologi dilaksanakan oleh staf IT perusahaan. Menjadikan TIKI sebagai di antara perusahaan jasa ekspedisi terdepan dalam urusan inovasi teknologi,” tutup Rocky.(wn)

Baca Juga : Begini model kerjasama Garuda-Mahata dalam penyediaan WiFi

0 komentar:

Posting Komentar