Jumat, 05 April 2019

Teknologi Informasi | Menurut Para Ahli




Teknologi Informasi  -  Penerapan dunia maya dikala ini telah menjadi komponen kehidupan sehari-hari dan terus berkembangcepat. Kecuali dari jumlah pengguna yang terus bertambah, layanan yang diberi kian bervariasi dan menggeser teknologi konvensional.
     Aplikasi Voice-over  Online Protocol(VoIP), Instant Messaging (IM), Video Call, dan Tele-Conference, ialah teladan riil penggunaan teknologi Online yang telah pelan tetapi pasti menggusur peran layanan telekomunikasi konvensional seperti voice call dan SMS.
Online ialah metode global dari jaringan komputer yang saling terhubung memanfaatkan online protocol suite (TCP/IP) di mana trekbisnisnya merentang jauh melampaui sekat dan batas antar negara. Karenanya tak aneh bila pemangku kepentingan bisnis sekarang benar-benar perlu berkolaborasi demi meningkatkan layanan dari teknologi ini.
     Ketua Bidang Koordinasi dan Pengembangan Kawasan Asosiasi Penyelenggara Jasa Online Indonesia (APJII), Zulfadly Syam mengatakan, konsep smart city dari Banda Aceh telah baik, tetapi mungkin ada sebagian hal yang akan dikolaborasikan nantinya.
"Arsitektur teknologi info seharusnya dibangun dari jasmani, jaringan dan berikutnya aplikasi,” kata Zulfadly ketika berbagi info tentang peran layanan infodan teknologi terhadap pegawai Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, di Auditorium Madani Center, Selasa (2/4).
Dia mengibaratkan bila sebuah pondasi ini tak kokoh karenanya akan membikin bangunan lainnya roboh. “Oleh maka jasmani itu seharusnya dibangun lebih dahulu. Kecuali itu, membangun teknologi seharusnya dinikmati segera oleh masyarakat,” ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris Diskominfotik Banda Aceh, T. Taufik Mauliansyah mengatakan, aktivitas ini bukan cuma sebuah pertemuan tetapi ada info dan pengetahuan yang dapat digali dari sebuah pertemuan.
“Aku komit bahwasanya SDM kita lebih berdaya. Jadi kita harapkan dengan adanya pertemuan ini bisa saling tukar info,” pungkas Taufik.

0 komentar:

Posting Komentar