10 Tips dan Trik untuk iPadOS 14

JENDELATEKNOLOGI.COM – Pembaruan Apple iPadOS 14 untuk iPad, iPad Air, iPad Mini, dan iPad Pro mendekatkan iPad ke Mac tanpa kehilangan keunikan iPad. Berikut adalah tips dan trik yang harus Anda coba di iPadOS 14.

Widget Baru

Tips dan Trik iPadOS 14 - Widget iPadOS

Tata letak widget di layar utama sama di iOS 14, tetapi ada widget baru untuk diperiksa. Untuk mengaksesnya, geser ke kanan pada Home screen. Anda juga dapat menyematkannya ke sidebar.

Proses penambahan widget dan tipe berbeda yang tersedia juga berbeda. Sekarang Anda dapat menambahkan versi kecil, sedang, atau besar dari widget yang sama. Untuk memulai, cukup ketuk dan tahan bagian kosong dari layar Beranda, lalu ketuk tanda plus (+).

Tips dan Trik iPadOS 14 - Drag Widget

Widget yang Anda gunakan di layar Beranda iPhone Anda juga dapat diakses di iPad Anda. Anda dapat memulai dengan 10 widget hebat ini.

Pencarian Universal

Tips dan Trik iPadOS 14 - Pencarian Universal

Dengan iPadOS 14, desain sistem operasinya semakin matang. Dengan penelusuran universal gaya Spotlight, iPad berperilaku lebih seperti Mac dan, dalam kasus khusus ini, itu hal yang baik!

Sekarang, setiap kali Anda menekan Command + Spasi atau menggesek layar Utama ke bawah, Anda akan melihat bilah Pencarian Universal baru.

Di sini, Anda dapat mengetikkan penelusuran apa saja, dan itu juga akan menjelajahi web! Hasil aplikasi disorot secara instan — cukup tekan Enter untuk membukanya. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk situs web apa pun yang pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Tulis di Kotak Teks Apa Pun

Tips dan Trik iPadOS 14 - Text Box

iPadOS 14 juga menghadirkan Apple Pencil lebih ke depan. Jika Anda penggemarnya, dan lebih suka menulis daripada mengetik, Anda akan menyukai fitur Coretan baru.

Dengan fitur ini, Anda dapat menulis di kotak teks mana saja. Cukup ketuk kotak teks dengan Apple Pencil (bukan jari Anda) dan ikon pensil kecil akan muncul. Tulis apa pun yang Anda inginkan, dan itu akan diubah menjadi teks yang diketik.

Anda dapat memilih teks dengan memutarnya. Menghapus sesuatu yang Anda tulis semudah menuliskannya.

Salin Teks Tulisan Tangan

Setelah Anda menulis teks dengan tangan, Anda juga dapat menyalin dan menempelkannya sebagai teks yang diketik melalui aplikasi Apple Notes.

Untuk mencobanya, navigasikan ke catatan tulisan tangan, lalu ketuk kata dua kali untuk memilihnya. Seret pilihan untuk menyertakan semua teks tulisan tangan.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Salin Tulisan Tangan

Di pop-up, tap “Salin sebagai Teks”. Sekarang, Anda dapat menempelkannya sebagai teks yang diketik di aplikasi apa pun.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Salin Tulisan Tangan

Gambar Bentuk Sempurna di Aplikasi Catatan

Jika Anda pernah menulis catatan di aplikasi Catatan, terkadang Anda perlu menggambar bentuk. Baik itu diagram alur atau rangkaian kotak, iPadOS 14 memungkinkan Anda mengubah gambar Anda menjadi bentuk yang sempurna.

Untuk mencobanya, buka app Catatan, lalu gunakan Apple Pencil atau jari Anda untuk memilih alat Pena, Pensil, atau Penyorot. Gambar bentuk, lalu tahan Apple Pencil atau jari Anda di ujung bentuk selama beberapa detik.

Tips dan Trik iPadOS 14 - xDraw

Sosok yang Anda gambar akan otomatis berubah menjadi bentuk yang sempurna.

Tips dan Trik iPadOS 14 - xDraw

Baca Juga:

Nahh, itulah beberapa tips dan trik untuk iPadOS 14. Eittss tapi masih ada lho yang lain, yuk simak lagi penjelasan berikut ini.

Belajar Menggunakan Sidebar Baru di Aplikasi

iPadOS 14 juga menghadirkan sidebar yang dapat dilipat dan antarmuka pengguna tiga panel ke sebagian besar aplikasi Apple. Banyak aplikasi pihak ketiga yang mulai menggunakannya juga.

Sidebar baru secara drastis mengubah perilaku aplikasi tertentu; contoh utama adalah aplikasi Foto. Sekarang Anda harus menggunakan bilah sisi untuk bernavigasi di antara tab, menjelajahi album, atau melihat berbagai jenis media.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Sidebar

Anda dapat mengetuk tombol Sidebar untuk menciutkan atau memperluas sidebar. Anda juga dapat mengedit sidebar, dan menambah atau menghapus fitur.

Contoh terbaik dari sidebar yang dapat disesuaikan ada di aplikasi File. Ketuk tombol Menu, lalu ketuk “Edit Sidebar”.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Sidebar

Di sini, Anda dapat menghapus dan mengatur ulang “Favorit” dan “Tag” Anda semua dalam satu antarmuka yang sederhana.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Sidebar

Setel Email Default dan Aplikasi Browser

Cara lain di mana iPad menjadi lebih seperti Mac adalah Anda sekarang dapat mengatur aplikasi default untuk klien email dan browser. Anda dapat menyetel Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan lainnya sebagai browser default Anda. Anda juga dapat mengubah klien email default Anda menjadi opsi pihak ketiga, seperti Spark, Gmail, Outlook, dan lainnya.

Setelah Anda mengubah peramban default, tautan apa pun yang Anda ketuk di aplikasi apa pun akan langsung terbuka di peramban itu, bukan di Safari.

Untuk mengubah browser default atau klien email Anda, buka aplikasi Pengaturan, dan menuju ke aplikasi masing-masing yang ingin Anda ubah

Ketuk “Aplikasi Browser Default” atau “Aplikasi Email Default”, tergantung pada aplikasi mana yang ingin Anda ubah.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Default Browser

Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan dari daftar.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Default Browser

Itu dia! Anda sekarang telah menyetel aplikasi pihak ketiga sebagai aplikasi email atau browser default Anda.

Buka Pencarian Universal Dari Mana Saja dengan AssistiveTouch

Bagaimana jika Anda ingin mengakses Penelusuran Universal dari dalam aplikasi, tetapi Anda tidak memasang keyboard? Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan fitur AssistiveTouch.

AssistiveTouch menambahkan tombol Home perangkat lunak mengambang ke layar iPad. Anda kemudian dapat menetapkan pintasan ketuk satu, dua kali, atau tiga kali ke tombol AssistiveTouch. Kami merekomendasikan menambahkan Spotlight sebagai gerakan ketuk dua kali. Kemudian, Anda cukup mengetuk dua kali tombol AssistiveTouch kapan saja untuk membuka Pencarian Universal.

Untuk mengatur ini, buka aplikasi Pengaturan di iPad Anda, dan menuju ke Aksesibilitas> Sentuh> AssistiveTouch. Aktifkan “AssistiveTouch” di bagian atas menu, lalu pilih “Tap Dua Kali”.

Tips dan Trik iPadOS 14 - AssistiveTouch

Di sini, ketuk “Spotlight”.

Tips dan Trik iPadOS 14 - AssistiveTouch

Sekarang, setiap kali Anda mengetuk dua kali tombol AssistiveTouch, menu Penelusuran Universal mengambang akan muncul di atas aplikasi apa pun yang Anda gunakan.

Tips dan Trik iPadOS 14 - AssistiveTouch

Buka Aplikasi dengan Cepat dalam Tampilan Terpisah dengan Pencarian Universal

Selain kenyamanan, fitur Pencarian Universal mengambang menawarkan manfaat lain. Karena ini terbuka di atas aplikasi apa pun yang Anda gunakan, Anda juga dapat menggunakan Pencarian Universal untuk mencari dan menambahkan aplikasi ke Split View.

Anda tidak perlu menggunakan Dock atau membuka layar Utama untuk menambahkan aplikasi ke Split View. Ini berfungsi paling baik jika Anda menggunakan iPad dengan keyboard. Namun, seperti yang kami bahas di atas, Anda juga dapat menggunakan AssistiveTouch untuk membuka Pencarian Universal dengan gerakan sentuh.

Untuk memulai, buka aplikasi pertama yang ingin Anda tambahkan ke Split View. Tekan Command + Spasi atau gunakan AssistiveTouch untuk membuka Pencarian Universal, lalu ketikkan nama aplikasi kedua yang ingin Anda tambahkan ke Split View.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Pencarian Universal

Saat aplikasi muncul di hasil pencarian, ketuk dan tahan ikonnya untuk mengambilnya.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Pencarian Universal

Kemudian, cukup seret ke tepi kanan layar iPad dan lepaskan untuk menambahkan aplikasi ke Split View.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Drop App

Sama seperti itu, Anda sekarang memiliki dua aplikasi yang terbuka di Split View. Setelah selesai, keluar saja dari Split View seperti biasa.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Split View

Nonaktifkan Alamat Pribadi untuk Jaringan Wi-Fi

iPadOS 14 memiliki fitur keamanan baru yang disebut Akses Pribadi untuk jaringan Wi-Fi. Ini membuat alamat MAC acak setiap kali Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Biasanya, alamat MAC terikat ke perangkat. Perusahaan dan situs web juga menggunakannya untuk melacak Anda di internet.

Alamat MAC acak meningkatkan privasi Anda setiap kali Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, tetapi ini mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang. Misalnya, jika jaringan rumah atau kantor Anda menggunakan pemfilteran alamat MAC, Anda mungkin diminta untuk menonaktifkan fitur ini. Ini dapat dilakukan per jaringan.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini, buka Pengaturan di iPad Anda dan menuju ke bagian Wi-Fi. Ketuk tombol Info (i) di samping jaringan Wi-Fi yang saat ini Anda sambungkan.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Alamat Pribadi

Aktifkan atau Nonaktifkan opsi “Alamat Pribadi”. Ketuk “Gabung Kembali” di pop-up untuk menyelesaikan proses.

Tips dan Trik iPadOS 14 - Alamat Pribadi

Nahh itu dia tips dan trik iPadOS 14 yang sudah kita ulas. Bagaimana, sekarang sudah nambah wawasan kan? Jika masih ada yang kurang paham tentang tips dan trik iPadOS 14 ini bisa ditanyakan melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *